5 Tanaman dengan Bentuk Mengerikan, Nomor 3 Seperti Monster Pemangsa

Jum'at, 16 Juni 2023 - 15:25 WIB
loading...
5 Tanaman dengan Bentuk Mengerikan, Nomor 3 Seperti Monster Pemangsa
Tanaman secara umum memiliki karakter menenangkan dan mampu mengurangi tingkat polusi di lingkungan sekitar. Namun, ada beberapa tanaman yang mempunyai bentuk mengerikan sehingga menghadirkan efek tidak nyaman. Foto/Shutterstock/Natural History Museum
A A A
JAKARTA - Tanaman secara umum memiliki karakter menenangkan dan mampu mengurangi tingkat polusi di lingkungan sekitar. Namun, ada beberapa tanaman yang mempunyai bentuk mengerikan sehingga menghadirkan efek tidak nyaman.

Tanaman yang mengerikan cukup beragam, ada bunga yang menyerupai otak hingga tanaman yang berbau busuk. Berikut 5 tanaman yang mempunyai bentuk mengerikan dirangkum dari laman Natural History Museum, Jumat (16/6/2023).

1. Jantung Berdarah (Lamprocapnos spectabilis)

5 Tanaman dengan Bentuk Mengerikan, Nomor 3 Seperti Monster Pemangsa

Tanaman ini mempunyai nama mengerikan, Jantung Berdarah. Nama ini diambil dari bentuknya yang mirip hati dan ujung putih khas yang menyerupai tetesan.



Spesimen pertama diperkenalkan ke Inggris pada abad kesembilan belas oleh ahli botani Robert Fortune. Tanaman yang biasa mekar di musim semi berasal dari Siberia, China utara, Korea, dan Jepang.

2. Bunga Bangkai (Stapelia gigantea)

5 Tanaman dengan Bentuk Mengerikan, Nomor 3 Seperti Monster Pemangsa

Tanaman bunga bangkai atau bunga katak ini merupakan bunga asli dari daerah gurun Tanzania dan Afrika Selatan. Tanaman ini diberi nama bunga bangkai karena mengeluarkan aroma yang sangat menjijikan seperti bau daging busuk.

Bunga bangkai ini mengeluarkan bau busuk untuk menarik lalat agar menyerbuki putiknya. Tanaman dengan berbau sangat tidak enak ini oleh para ilmuwan sedang diteliti untuk digunakan sebagai penekan nafsu makan.



3. Penangkap Lalat Venus (Dionaea muscipula)

5 Tanaman dengan Bentuk Mengerikan, Nomor 3 Seperti Monster Pemangsa

Ini adalah tanaman karnivora paling ikonik, Penangkap Lalat Venus. Karakter tanaman ini seperti hidup sehingga sering ditampilkan dalam berbagai game, seperti The Day of the Triffids. Seperti namanya, tanaman yang memiliki bentuk seperti monster ini merupakan pemangsa lalat.

Tumbuhan ini menggunakan nektar manis untuk menarik lalat, kemudian ketika lalat mendarat dan memicu bulu-bulu halus di dalam perangkap, tumbuhan tersebut menutup menangkao lalat dan mencerna jaringan lunaknya dengan enzim. Meskipun dikenal sebagai tanaman pemangsa, Charles Darwin menggambarkan tanaman itu sebagai salah satu yang terindah di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)