Spesifikasi Kapal Selam yang Hilang di Dekat Titanic, Punya Pencahayaan Canggih

Selasa, 20 Juni 2023 - 11:20 WIB
loading...
Spesifikasi Kapal Selam yang Hilang di Dekat Titanic, Punya Pencahayaan Canggih
Kapal selam yang hilang saat ke lokasi bangkai Titanic. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Kapal selam wisata tenggelam saat menuju lokasi tenggelamnya kapal Titanic di laut dalam. Lima orang penumpang kapal tersebut, hingga kini belum diketahui nasibnya.

Dilansir dari BBC, kapal selam wisata itu hilang 1 jam 45 menit setelah melakukan penyelaman menuju lokasi.

"Upaya pencarian dan penyelamatan besar-besaran sedang berlangsung di Atlantik Utara, setelah kapal selam yang menjelajahi bangkai kapal Titanic hilang, pada hari Minggu," kata laman itu, dikutip Selasa (20/6/2023).



Yang menyedihkan, kapal itu hanya memiliki cadangan oksigen untuk lima orang selama empat hari. Sedangkan sejak dinyatakan hilang, pada Minggu, hingga hari ini sudah berlangsung tiga hari.

Adapun spesifikasi kapal selam Titan yang dinyatakan hilang dan tenggelam itu dibangun untuk turun ke kedalaman 4.000 meter (2,5 mil) dan melakukan perjalanan dengan tiga knot atau sekitar 3,5 mil per jam.

Selain membawa penyelam ke bangkai Titanic, kapal ini digunakan untuk survei dan inspeksi situs, penelitian dan pengumpulan data, produksi film dan media, dan pengujian laut dalam perangkat keras dan perangkat lunak.


Menurut perusahaan, Titan dilengkapi dengan pencahayaan canggih dan sistem navigasi sonar plus video 4K dan peralatan fotografi yang dipasang secara internal dan eksternal.

Dilansir dari situs web Oceangate, sub lima orang memiliki sistem untuk memantau lambung kapal secara real time.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)