Sisa-sisa Tulang Ini Diduga Jadi Saksi Aksi Kanibalisme Tertua di Dunia

Selasa, 27 Juni 2023 - 09:06 WIB
loading...
Sisa-sisa Tulang Ini Diduga Jadi Saksi Aksi Kanibalisme Tertua di Dunia
Tulang-tulang yang diduga jadi aksi kanibalisme tertua di dunia saat ini tersimpan di National Museum of Kenya. Foto/Daily Mail.
A A A
JAKARTA - Sisa-sisa tulang yang ditemukan di Kenya diduga jadi saksi aksi kanibalisme tertua di dunia. Sejatinya tulang-tulang tersebut pertama kali ditemukan pada 1970 oleh paleoantropologis dari Inggris, Mary Leakey.

Kini tulang-tulang tersebut tersimpan rapi di National Museum of Kenya, Nairobi, Kenya dan terus menyimpan misteri kelam akan aksi kanibalisme tertua di dunia.

Pasalnya disebutkan oleh Daily Mail, tulang-tulang tersebut memiliki sayatan yan menunjukkan bahwa pemilik tulang tersebut dibantai dan kemungkinan besar dimakan oleh salah satu dari kelompok mereka 1,45 juta tahun lalu.

Hal itu diungkap oleh para peneliti dari Smithsonian's National Museum of Natural History yang didasarkan dari luka-luka yang ada di tibia kiri.

Dari tulang tersebut terdapat 11 luka yang sembilan di antaranya diduga terjadi karena perkakas batu. Sementara luka lainnya diduga terjadi karena gigi tajam dari hewan pra sejarah.

Briana Pobiner tim peneliti dari Smithsonian's National Museum of Natural History, mengatakan luka yang ada di tulang kaki tersebut memang tidak membuktikan langsung orang yang melakukan pembantaian juga memakan kaki tersebut. Hanya saja menurutnya skenario itu kemungkinan besar sangat terjadi.

Dia mengatakan awalnya luka tersebut diduga karena gigitan binatang. Hanya saja setelah diteliti lagi ternyata ada tanda yang terlihat seperti jahitan silang yang tidak mungkin dilakukan binatang.

Dari situ dia menduga bahwa manusia tersebut telah jadi korban kanibalisme yang terjadi 1,45 juta tahun lalu.

"Tulang ini menunjukkan bahwa kerabat spesies kita saling memakan untuk bertahan hidup lebih jauh ke masa lalu daripada yang kita ketahui," terang Briana Pobiner.

Dia melanjutkan tanda potong yang ada di sisa-sisa tulang itu sebagian besar adalah tanda linier pendek dan sempit dengan lintasan lurus. Selain itu terdapat luka yang sama pada penampang berbentuk V tertutup.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)