Asap Kebakaran Hutan di Kanada Sudah Mencapai Eropa

Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:07 WIB
loading...
Asap Kebakaran Hutan di Kanada Sudah Mencapai Eropa
Akun Twitter Copernicus EU membagikan gambar yang diambil oleh satelit Sentinel 3 pada Rabu 28 Juni 2023 yang menunjukkan asap mencapai pulau Sardinia di Italia. Foto/NASA Earth Laboratory/Space
A A A
OTTAWA - Asap kebakaran hutan di Kanada terekam satelit sudah merayap melintasi Atlantik dan mencapai Eropa. Asap kebakaran hutan di Kanada juga telah menyelimuti langit Amerika Serikat bagian barat tengah.

Asap dari kebakaran yang telah terjadi di provinsi Quebec, Kanada, selama berminggu-minggu terekam menutupi Midwest. Kondisi ini menyebabkan kualitas udara turun ke tingkat yang tidak sehat di seluruh negara bagian AS.

“Tingkat asap yang tidak sehat diperkirakan terjadi di wilayah Midwest hari ini. Asap dari kebakaran hutan di Kanada berdampak pada area tersebut. Jika Anda harus berada di luar, pertimbangkan untuk menggunakan masker N-95 untuk membantu kurangi asap yang Anda hirup,” tulis Layanan Cuaca Nasional AS (NWS) dikutip dari laman Space, Jumat (30/6/2023).



Pergerakan asap terlihat dari orbit oleh satelit Geostationary Operational Environmental Satellite East (GOES-East), juga dikenal sebagai GOES-16. Satelit ini dioperasikan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) AS.

The Cooperative Institute for Meteorological Satellite Studies di University of Wisconsin-Madison (UW-Madison CIMSS) membagikan gambar tersebut di Twitter Kamis 29 Juni 2023. “GOESEast mengungkapkan asap kebakaran hutan yang luas,” tulis UW-Madison CIMSS.

Pada Senin 26 Juni 2023, NASA Earth Observatory mengungkapkan gambar yang dikumpulkan oleh instrumen Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) pada satelit Terra milik NASA, diketahui asap melayang di atas Atlantik mencapai Spanyol dan Portugal utara.
Asap Kebakaran Hutan di Kanada Sudah Mencapai Eropa


Asap kebakaran hutan Kanada juga telah mencapai negara-negara Eropa lainnya. Pada Kamis 29 Juni 2023 pagi, akun Twitter Copernicus EU membagikan gambar yang diambil oleh satelit Sentinel 3 pada Rabu 28 Juni 2023 yang menunjukkan asap mencapai pulau Sardinia di Italia.



Asap yang mencapai Eropa lebih tinggi di atmosfer dibandingkan di Amerika Serikat (AS), jadi dampak bagi kesehatan tidak terlalu dirasakan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6334 seconds (0.1#10.140)