PAK-DA Izdelie 80, Pesawat Pengebom Generasi Kelima Rusia Masuk Tahap Pengembangan Akhir

Jum'at, 30 Juni 2023 - 15:29 WIB
loading...
PAK-DA Izdelie 80, Pesawat Pengebom Generasi Kelima Rusia Masuk Tahap Pengembangan Akhir
Perusahaan dirgantara dan pertahanan Rusia, Tupolev mengembangkan PAK-DA Izdelie 80 sebagai pengebom siluman untuk menggantikan pengebom strategis Tu-160. Foto/BulgarianMilitary
A A A
MOSKOW - Pesawat pengebom generasi kelima Rusia PAK-DA Izdelie 80 masuk tahap pengembangan akhir. Perusahaan dirgantara dan pertahanan Rusia , Tupolev mengembangkan PAK-DA Izdelie 80 sebagai pengebom siluman untuk menggantikan pengebom strategis Tu-160 dan Tu-22M3.

Bocoran ini diungkapkan Sekretaris Persenjataan Inggris James Heappey yang mengatakan “Izdelie 80” sebagai pesawat pengebom siluman generasi baru Angkatan Udara Rusia (VKS). “Prototipe PAK-DA, yang desainnya menyerupai pengebom B-2 Amerika, mungkin hampir selesai,” katanya dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Jumat (30/6/2023).

Dari perkataan Heappey, dapat disimpulkan bahwa Rusia akan menerima gambar pertama dari PAK-DA di tahun-tahun mendatang. Mungkin pada akhir tahun 2025, publikasi di beberapa media Rusia akan mulai muncul.



Rencana pengembangan pesawat pengebom siluman generasi kelima Rusia PAK-DA oleh Tupolev sudah santer terdengar tahun lalu. PAK-DA direncanakan untuk menjadi pengebom strategis tersembunyi terbaru dan diharapkan untuk masuk kedalam layanan dalam jangka waktu 2025-30.

Tupolev PAK-DA atau PAK DA, dengan nama kode Poslannik, adalah pengebom strategis siluman generasi berikutnya yang dikembangkan oleh Tupolev untuk cabang Penerbangan Jarak Jauh Angkatan Udara Rusia. PAK DA singkatan dari Prospective Aviation Complex for Long-Range Aviation.

Gagasan Rusia membangun pengebom PAK DA adalah untuk memperpanjang jarak terbang dan daya tahan, bukan kecepatan. Pengebom masa depan akan mampu mengurangi deteksi radar untuk menggantikan pengebom strategis Tu-160 dan Tu-22M3.

“Insinyur Tupolev berjanji untuk merakit model penerbangan pertama pada tahun 2023, tetapi tenggat waktu diundur beberapa kali hampir setiap tahun. Namun, ada harapan PAK-DA akan terbang sebelum tahun 2025. Keuntungan utama dari "Izdelie 80" adalah teknologi siluman,” tulis laman Bulgarian Military.



Beberapa parameter pengebom siluman Rusia masa depan sudah diketahui. PAK-DA Izdelie 80 akan memiliki kecepatan subsonik, dua mesin, dan jangkauan hingga 15.000 km.
PAK-DA Izdelie 80, Pesawat Pengebom Generasi Kelima Rusia Masuk Tahap Pengembangan Akhir


Beberapa media Rusia mengklaim bahwa pengebom siluman Rusia akan memiliki keunggulan dibandingkan Amerika, terutama di bidang persenjataan. Mengingat Rusia berhasil mengembangkan senjata hipersonik untuk pesawat pengebom mereka, sementara AS tertinggal dalam pengembangannya.

PAK-DA diharapkan memiliki kapasitas muatan hingga 30 ton, yang sebanding dengan pengebom modern lainnya seperti B-2 Spirit dan H-20 China. PAK-DA diharapkan membawa berbagai rudal udara-ke-permukaan dan udara-ke-udara, bom, dan bahkan mungkin senjata hipersonik.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)