Zaman Dulu, Bangsa Yahudi Pernah Ciptakan AI dengan Bantuan Sihir

Rabu, 05 Juli 2023 - 18:50 WIB
loading...
Zaman Dulu, Bangsa Yahudi Pernah Ciptakan AI dengan Bantuan Sihir
Golem kecerdasan buatan Yahudi yang identik dengan bantuan sihir. FOTO/ SW
A A A
JERUSALEM - Teknologi menciptakan robot yang dengan kecerdasan buatan, bukan hanya pemikiran yang ada pada manusia modern saja.



Seperti dilansir dari ET, sejak dulu kala dalam legenda Yahudi sudah ada teknologi serupa, kisah ini juga menjadi sumber inspirasi dalam banyak legenda seperti Frankenstein dan lain sebagainya.

Dalam legenda Yahudi, ada sejenis mahluk aneh disebut Golem yang merupakan hasil ciptaan manusia, arti secara garis besar adalah jasad yang belum sempurna, dan tidak bernyawa.

Seperti Tuhan menciptakan manusia, Golem diciptakan dari tanah liat dengan sosok yang tinggi besar, lalu oleh seorang Rabbi Yahudi yang menguasai ilmu Kabbalah Golem itu diberikan kehidupan dengan ilmu sihir.

Kabbalah diciptakan oleh orang Yahudi, merupakan seperangkat teori mistisisme yang meliputi asal muasal kehidupan, Sang Pencipta, roh dan lain sebagainya, sedangkan Rabbi adalah tokoh yang memiliki kebijaksanaan laiknya orang suci.

Dalam legenda disebutkan cara untuk menghidupkan Golem sangat banyak, seperti mengitari atau menari di sekeliling tubuh Golem, sembari mengucapkan serangkaian kata-kata, di antaranya termasuk nama dari sesosok dewa rahasia.

Dan untuk membunuh Golem adalah mengitarinya dengan arah sebaliknya dan mengucapkan kumpulan kata-kata tersebut dari belakang.

Cara lainnya adalah, sebuah pesan pada kulit kambing yang bertuliskan nama dewa, dan dimasukkan ke dalam mulut Golem untuk menghidupkannya.

Dan jika tulisan di kepalanya diganti menjadi “met” (artinya kematian), maka akan bisa membatasi kegiatan Golem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2228 seconds (0.1#10.140)