Rusia Kembangkan 3 Jenis Pesawat Tempur Siluman Su-75 Checkmate

Rabu, 26 Juli 2023 - 22:21 WIB
loading...
Rusia Kembangkan 3 Jenis Pesawat Tempur Siluman Su-75 Checkmate
Rusia secara diam-diam mengembangkan 3 varian baru pesawat tempur siluman generasi kelima Su-75 Checkmate. Foto/Bulgarian Military/Rostec
A A A
MOSKOW - Rusia secara diam-diam mengembangkan 3 jenis baru pesawat tempur siluman generasi kelima Su-75 Checkmate. Padahal sebelumnya Amerika Serikat (AS) meragukan kemampuan Rusia melanjutkan pesawat tempur siluman Su-75 Checkmate ke tahap produksi.

Laporan terbaru dari TASS pada 17 Juli 2023 menunjukkan Sukhoi terus bekerja mewujudkan pesawat tempur siluman Su-75 bermesin tunggal multiguna generasi berikutnya. Pengungkapan fakta ini didukung oleh sumber yang dapat dipercaya dan dokumen paten yang tersedia.

Selain itu, TASS mengungkapkan bahwa United Aircraft Corporation (UAC), bagian dari perusahaan teknologi negara Rostec, sedang mengembangkan tiga model baru pesawat taktis ringan Su-75, yaitu varian kursi tunggal, dua tempat duduk, dan tak berawak. Menurut dokumen paten yang dikeluarkan oleh Federal Intellectual Property Office, versi awal lambung Su-75 Checkmate telah mengalami peningkatan yang signifikan.



“UAC mendesain ulang lambung pesawat tempur Su-75 sehingga memiliki kemiripan dengan opsi desain untuk pesawat tempur generasi ke-6 buatan perusahaan Amerika Lockheed Martin, yang dikembangkan di bawah proyek Next Generation Air Dominance (NGAD),” tulis laman Bulgarian Military, Rabu (26/7/2023).

Untuk varian kursi tunggal (single-seater) desain sayap menampilkan flaperon internal kedua yang lebih besar. Selain itu, bagian ekor telah dimodifikasi dan diperbesar untuk membentuk penstabil trapesium yang rendah.
Rusia Kembangkan 3 Jenis Pesawat Tempur Siluman Su-75 Checkmate


“Perubahan desain terdapat pada sisi badan pesawat, lunas, tumpuan lunas, dan tepi pembentuk asupan udara, yang miring di pandangan depan. Desain ini secara signifikan mengurangi permukaan hamburan efektif (effective scattering surface/ESR), sehingga mengurangi visibilitas radar,” tulis TASS mengutip sumber dari sebuah dokumen resmi.

Untuk model dua tempat duduk tampak menggunakan desain yang diperbarui dari varian satu tempat duduk. Bedanya tipe dua tempat duduk memiliki kabin yang memanjang dengan kaca, mirip dengan pesawat tempur dua tempat duduk Su-30SM Rusia.



Sedangkan untuk versi tak berawak dari Su-75, didesain sesuai dengan model kursi tunggal. Pengamat TASS, mengutip dokumen paten, melaporkan bahwa satu-satunya perbedaan antara Su-75 varian tak berawak dan kursi tunggal, terlihat pada bagian lambung yang didesain ulang yang menampilkan bentuk tidak adanya kokpitnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)