Daftar Keajaiban Dunia yang Penuh Misteri Tak Terpecahkan

Senin, 07 Agustus 2023 - 13:06 WIB
loading...
A A A
Pada masa itu hanya dikenal alat-alat perunggu dan batu, dan penempelan bebatuan dilakukan tanpa semen. Meskipun penjajah Spanyol membongkar sebagian besar situs untuk bahan bangunan, Sacsayhuamán secara struktural tetap cukup kuat untuk menahan gempa bumi besar dan kerusakan akibat alam lainnya.

7. Makam Cleopatra

Nama penguasa kuno fenomenal, Cleopatra VII atau ratu terakhir Mesir terkenal fenomenal. Ia banyak bergaul dengan para penguasa masa itu, seperti Julius Caesar dan Mark Antony.

Sebelum ditemukan bunuh diri pada 30 SM, Cleopatra mendengar kekalahan Antony di Pertempuran Actium. Namun, lokasi pemakaman Antony tidak teridentifikasi. Konon pasangan itu dimakamkan bersama, namun belum ada bukti konkret.

Beberapa peneliti percaya makam Cleopatra berada di Alexandria, Mediterania. Hanya saja sempat hilang ketika tsunami menyapu pada 365 Masehi. Ahli lain menduga, makam Cleopatra di delta Sungai Nil, atau mungkin di sebuah kuil yang didedikasikan untuk Isis dan Osiris, sosok yang menggambarkan Cleopatra dan Antony. Selain makam Cleopatra, situs pemakaman legendaris lainnya yang hilang termasuk milik Alexander Agung dan Jenghis Khan.

8. Manuskrip Voynich

Pada 1912, pedagang buku langka Wilfrid Voynich memperoleh manuskrip abad pertengahan yang ia klaim telah disimpan di sebuah kastil kuno di Eropa selatan. Manuskrip ini ditulis dalam bahasa yang sudah punah berupa kode, tidak ada yang bisa mengenali dan diisi dengan ilustrasi aneh tanaman dan gambar wanita.

Selama bertahun-tahun, beberapa orang telah mengaku menguraikannya, tetapi semuanya berujung dengan keraguan yang sangat besar. Beberapa menduga semuanya adalah tipuan. Manuskrip ini kini disimpan di Universitas Yale, yang bisa diakses untuk umum dan tertarik untuk mencoba memecahkan teka-tekinya.

9. Monumen Yonaguni

Di lepas pantai Pulau Yonaguni, Jepang terletak struktur batuan bawah laut, sepanjang 165 kaki dan lebar 65 kaki. Penampakannya menyerupai piramida yang ditemukan pada 1980-an.

Nama Monumen Yonaguni popular karena diyakini oleh beberapa peneliti sebagai reruntuhan peradaban kuno. Banyak peneliti lain berpendapat bahwa Kota Atlantis versi Jepang berupa fenomena alam akibat lempengan tektonik terangkat dan arus laut.

10. Stonehenge

Salah satu peninggalan prasejarah paling ikonik di dunia yang dibangun sekira 5.000 tahun lalu, bahkan sebelum Inggris memasuki Zaman Perunggu. Sebagian besar peneliti setuju tumpukan batu besar itu berfungsi sebagai situs pemakaman dan sampai sekarang belum diketahui darimana batu-batu besar itu berasal. Namun rahasia Stonehenge lainnya tetap sulit dipahami, melibatkan kepercayaan agama, seremonial, astronomi, dan hal di luar akal lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)