10 Penemuan Menakjubkan Dunia Islam yang Masih Dipakai hingga Kini

Kamis, 10 Agustus 2023 - 13:29 WIB
loading...
10 Penemuan Menakjubkan Dunia Islam yang Masih Dipakai hingga Kini
Banyak karya ilmuwan islam yang menjadi pondasi kehidupan modern. (Foto: Islamic Finder)
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan muslim tercatat dalam sejarah memberikan kontribusi luar biasa terhadap peradaban dunia. Penemuan-penemuan mereka masih tetap dipakai hingga saat ini.

Dari hal sepele seperti sikat gigi, rumah sakit, hingga pesawat terbang semuanya hasil temuan para ilmuwan muslim yang kemudian dikembangkan oleh para sarjana barat.

Berikut daftar penemuan para ilmuwan muslim yang menjadi pondasi peradaban modern hari ini, dikutip dari Islamic Finder, Kamis (10/8/2023).

1. Sikat Gigi

Islam tidak hanya mengajarkan ketauhidan tapi juga menjaga kebersihan dan kesehatan. Tak heran ada perintah tentang berwudhu dan mandi wajib serta anjuran-anjuran lain tentang kesehatan, seperti puasa.

Para ilmuwan islam pun telah meneliti tentang hal ini dan praktiknya bisa dilihat dari kebiasaan orang-orang Mesir zaman dahulu yang telah menggunakan miswak untuk membersihkan gigi. Jauh sebelumnya, Nabi Muhammad SAW telah memberikan contoh tentang bersiwak. Berbagai literatur hadits menyebutkan Nabi secara rutin membersihkan gigi.



Abu Hurairah pernah meriwayatkan bahwa Nabi berkata, “Kalau bukan (karena takut) membebani umatku, aku akan memerintahkan mereka untuk (sikat gigi dengan) Siwak di setiap Shalat.” (Sahih Muslim).

Abu Hurairah juga meriwayatkan bahwa Nabi bersabda pada suatu hari Jumat, “Wahai umat Muslim! Allah telah menjadikan hari ini sebagai Idul Fitri untukmu, jadi mandilah dan gosok gigimu dengan siwak.” (Tabarani, Majma'uz-Zawaid)

2. Kopi

Meski kini stoknya melimpah di Brasil dan Indonesia serta popular di Eropa, ternyata kopi pertama kali ditemukan oleh orang Arab bernama Khalid di Kaffa, Ethiopia

Awalnya Khalid tidak sengaja melihat kambingnya giras setelah mengonsumsi bijian-bijian tertentu. Khalid lantas merebus buah beri ini untuk membuat al'qahwa, kopi pertama.

Pada abad ke-9 di Yaman kopi pertama kali diseduh. Kemudian, dibawa ke Kairo dan penduduk setempat jadi gila kopi. Turki menyambut kopi pada abad ke-13 dan kemudian Eropa menyeduh secangkir kopi pertamanya pada abad ke-16. Pada dasarnya, kata Arab "qahwa" berubah menjadi "kahve" Turki yang kemudian berubah menjadi "caffé" Italia dan akhirnya, menjadi kosa kata Inggris, coffee.

3. Aljabar

Penemuan ilmuwan muslim ini adalah salah satu kontribusi paling penting dari zaman keemasan islam untuk dunia. Sistem penomoran ini awalnya dianggap berasal dari India atau Yunani, tetapi gaya khusus dari angkanya sebenarnya adalah bahasa Arab dan pertama kali muncul pada tahun 825, dalam karya matematikawan Muslim yang terkenal, Al-Khawarizmi dan Al Kindi.
Nama buku Al-Khawarizmi mengandung kata “al-jabr”, yang berarti “penyelesaian”. Tanpa aljabar, aplikasi praktis matematika di dunia modern, seperti teknik, tidak akan ada.

4. Kamera

Awalnya orang Yunani percaya mata manusia memancarkan sinar laser sehingga dapat melihat dunia. Namun, matematikawan Muslim abad ke-10, Ibn al-Haitham, menemukan sebaliknya, cahaya masuk ke mata bukannya keluar. Dia mengamati dan mempelajari perilaku cahaya yang masuk melalui lubang kecil di jendela yang menyebabkan penemuan kamera lubang jarum pertama di dunia.

Dia menemukan bahwa semakin kecil lubang, semakin baik gambarnya. Al-Haitham membuat kamera obscura pertama. Tanpa penelitiannya tentang apertur dan cahaya, mekanisme kompleks di kamera hari tidak akan ada.

5. Rumah Sakit

Rumah sakit pertama yang memiliki bangsal, perawat, dokter, tempat tidur dan lain-lain adalah Rumah Sakit Ahmad ibn Tulun di Kairo pada 872. Rumah sakit ini memberikan layanan perawatan kesehatan kepada siapa saja yang membutuhkan. Pada dasarnya, rumah sakit ini mengikuti tradisi Islam dalam merawat orang sakit. Rumah sakit serua selanjutnya mulai bermunculan di seluruh dunia Muslim.

Rumah sakit yang lebih sederhana dan lebih mendasar telah didirikan sebelumnya di Baghdad, tetapi Rumah Sakit Tulun yang menjadi contoh bagi rumah sakit di seluruh dunia.

6. Ilmu Bedah

Lahir di Andalusia, Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbad al-Zahrawi atau Albucasis menjadi ahli bedah pertama yang dikenal dunia.
Pada abad ke-10, Al Zahrawi menulis ensiklopedia bergambar 1.500 halaman, berdasarkan pembedahan yang disebut “Al-Tadrif”, yang kemudian digunakan sebagai referensi medis di Eropa selama ratusan tahun.

Di antara banyak penemuannya, dia juga memiliki pengetahuan yang mencengangkan tentang pisau bedah, gergaji tulang, gunting yang dapat digunakan untuk operasi mata dan merancang hingga 200 alat operasi, yang masih digunakan ahli bedah modern hingga saat ini.

7. Kampus

Fatima Al-Firhi membangun lembaga pendidikan komunitas di Fez, Maroko. Pada tahun 859, dia mengembangkan universitas pemberi gelar pertama. Bersama saudaranya, Miriam, dia memperluas universitas ke masjid-masjid dan bersama-sama menjadi "Masjid dan Universitas Al-Qarawiyyin". Di sana diajarkan berbagai mata pelajaran seperti ilmu alam, astronomi, Quran dan teologi hukum, geografi, penulisan, dll.

8. Jam

Al-Jazari dari Diyarbakir, Turki, adalah orang pertama yang merancang jam. Pentingnya waktu di dunia saat ini dan peran yang dimainkannya, juga berlaku bagi umat Islam 700 tahun lalu. Al-Jazari pada dasarnya berfokus pada ajaran islam dalam mengembangkan jam karena waktu memainkan peran utama dalam beribadah, seperti sholat dan puasa.



9. Sampo dan Sabun

Adalah Hazrat Shalih (A.S) yang menciptakan formula untuk sabun. Orang Mesir memang menggunakan sejenis sabun, begitu pula orang Romawi tetapi mereka lebih menggunakannya sebagai pomade. Orang Arab lantas mencampur minyak nabati dengan natrium hidroksida dan aromatik seperti minyak.

Sementara sampo ditemukan oleh seorang ilmuwan muslim di Inggris pada 1759 dan dia akhirnya dipekerjakan oleh Raja George IV dan William IV.

10. Pesawat Terbang

Bertahun-tahun sebelum Wright bersaudara menemukan pesawat terbang, Abbas ibn Firnas melakukan percobaan pertama membuat mesin terbang.

Pada 1852, dia menciptakan mesin bersayap yang mirip dengan burung. Dia menjalankan percobaan pertama di Spanyol dan terbang selama beberapa menit, sebelum jatuh dan terluka. Menurut insinyur modern, cetak biru mesinnya menjadi inspirasi bagi para ilmuwan di masa selanjutnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)