12 Fakta Menarik Luar Angkasa, Ruang yang Begitu Sunyi

Rabu, 16 Agustus 2023 - 08:31 WIB
loading...
12 Fakta Menarik Luar Angkasa, Ruang yang Begitu Sunyi
Banyak hal di luar angkasa yang masih belum diketahui umat manusia. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Banyak keajaiban di luar angkasa. Mulai dari benda-benda langit hingga fenomena alam yang indah. Faktanya, banyak hal di luar sana yang masih belum diketahui umat manusia.

Masih banyak misteri alam yang belum terpecahkan, meski manusia sudah menjejakkan kaki ke luar angkasa sekian lama.

Berikut deretan fakta menarik luar angkasa dikutip dari Mashable.com, Rabu (16/8/2023).

1. Bintang neutron berputar 600 kali per detik

Bintang neutron adalah salah satu tipe bintang yang memiliki tingkat kepadatan ekstrem. Dibandingkan bumi, kepadatan per meter kubik bintang neutron bisa sampai 20 miliar kali. Menurut EarthSky (2020), 1 sendok makan bintang neutron beratnya setara dengan gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, yaitu 900 miliar Kg.



Bintang neutron lahir dari ledakan bintang supernova dan kemudian berputar sangat cepat. Bintang neutron dapat berotasi hingga 60 kali per detik setelah lahir. Dalam keadaan khusus, laju ini dapat meningkat hingga lebih dari 600 kali per detik.

2. Sunyi

Luar angkasa
betul-betul sunyi. Gelombang bunyi membutuhkan medium untuk merambat. Karena tidak ada atmosfer di ruang hampa seperti luar angkasa, di sana akan selalu sunyi senyap.

Hanya dunia dengan atmosfer dan tekanan udara yang memungkinkan suara merambat. Hal inilah yang menjelaskan mengapa banyak kebisingan di Bumi dan kemungkinan juga di planet lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)