12 Fakta Menarik Luar Angkasa, Ruang yang Begitu Sunyi

Rabu, 16 Agustus 2023 - 08:31 WIB
loading...
A A A
3. Jumlah bintang di luar angkasa tak terhingga

Jumlah bintang-bintang di alam semesta hingga kini belum diketahui pasti. Hanya ada angka perkiraan saja berdasarkan perhitungan matematika.

Sebuah studi di Universitas Nasional Australia memperkirakan ada 70 sextillion bintang di alam semesta. Dengan kata lain, ada 70.000 juta juta juta bintang.

4. Jejak Kaki Astronot di Bulan Abadi

Jejak kaki para astronot Apollo di Bulan akan bertahan selama 100 juta tahun. Hal itu terjadi lantaran Bulan tidak memiliki atmosfer, sehingga tidak ada angin atau air yang dapat mengikis atau menghapus jejak para astronot. Hanya serbuan mikrometeorit ke Bulan yang akan mengancam jejak kaki tersebut. Tapi, erosi yang diakibatkan akan berjalan sangat lamban.

5. Massa Tata Surya adalah Matahari

99 persen massa tata surya adalah matahari. Matahari, sangat padat sehingga mencapai 99 persen massa seluruh tata surya. Hal itulah yang membuat matahari mendominasi semua planet secara gravitasi.

Secara teknis, matahari adalah bintang deret utama tipe-G yang artinya setiap detik meleburkan sekitar 600 juta ton hidrogen menjadi helium. Juga mengubah 4 juta ton materi menjadi energi sebagai produk sampingan.

Saat matahari mati, akan menjadi raksasa merah dan menyelimuti bumi dan segala isinya. Tapi jangan khawatir, hal itu diperkirakan baru terjadi 5 miliar tahun lagi.

6. Energi Surya Melimpah di Bumi

Lebih banyak energi matahari yang menghantam Bumi setiap jam daripada yang digunakan planet ini dalam setahun. Penggunaan energi surya telah meningkat 20 persen setiap tahun selama 15 tahun terakhir. Menurut Yale Environment, sebanyak 98,9 gigawatt energi matahari diproduksi pada 2017. Meski terlihat besar, jumlah energi ini hanya menyumbang 0,7 persen dari penggunaan listrik tahunan dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5168 seconds (0.1#10.140)