12 Fakta Menarik Luar Angkasa, Ruang yang Begitu Sunyi

Rabu, 16 Agustus 2023 - 08:31 WIB
loading...
A A A
7. Logam Lengket di Luar Angkasa

Jika dua jenis logam yang sama bersentuhan di ruang angkasa, maka akan saling menempel secara permanen.
Efek luar biasa ini disebut pengelasan dingin. Itu terjadi karena atom-atom dari masing-masing potongan logam tidak memiliki cara untuk mengetahui bahwa mereka adalah potongan logam yang berbeda, sehingga gumpalan-gumpalan itu bergabung menjadi satu.



Fenomena ini tidak akan terjadi di Bumi karena ada udara dan air yang memisahkan potongan-potongan itu. Efeknya memiliki banyak implikasi untuk konstruksi pesawat ruang angkasa dan masa depan konstruksi berbasis logam dalam ruang hampa.

8. Asteroid Terbesar

Asteroid terbesar di tata surya adalah bongkahan batu luar angkasa raksasa bernama Ceres Asteroid ini berdiameter hampir 600 mil. Luas permukaan Ceres kira-kira sama dengan luas daratan India atau Argentina. Lokasinya di antara Mars dan Jupiter.

9. Sehari di Venus Sama dengan Setahun di Bumi

Waktu sehari di Venus lebih lama ketimbang setahun di Bumi. Hal ini terjadi lantaran Venus memiliki rotasi sumbu yang sangat lambat yang membutuhkan waktu sekitar 243 hari Bumi untuk menyelesaikan satu siklus penuh. Cukup lucu, Venus membutuhkan lebih sedikit waktu di hari-hari Bumi untuk menyelesaikan satu revolusi mengelilingi matahari, yaitu 226.

Selain itu, matahari terbit setiap 117 hari Bumi, yang berarti bahwa matahari hanya akan terbit dua kali setiap tahunnya, yang juga secara teknis semuanya berada di hari yang sama. Karena Venus juga berputar searah jarum jam, matahari akan terbit di barat dan terbenam di timur.

10. Bintik Merah Jupiter Menyusut
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)