7 Hewan yang Bernapas Menggunakan Paru-paru

Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:57 WIB
loading...
7 Hewan yang Bernapas Menggunakan Paru-paru
Salah satu hewan yang bernapas menggunakan paru-paru adalah buaya. Foto/NewAtlas
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh hewan yang diketahui bernapas menggunakan paru-paru. Tidak seperti manusia, paru-paru pada hewan ternyata memiliki tingkat kesempurnaan yang berbeda.

Hewan yang bernapas menggunakan paru-paru adalah hewan yang mengambil oksigen dari udara dan mengeluarkan karbondioksida melalui organ bernama paru-paru. Paru-paru sendiri merupakan kantong udara yang memiliki banyak pembuluh darah di dalamnya.

Berikut ini adalah tujuh hewan yang bernapas menggunakan paru-paru.

Hewan yang Bernapas Menggunakan Paru-paru

1. Katak


Hewan amfibi ini dapat bernapas dengan paru-paru saat berada di darat, dan juga dengan kulit dan insang saat berada di air. Paru-paru katak berbentuk seperti kantung kosong yang terhubung dengan tenggorokan.

Katak menghirup udara melalui hidung atau mulut, lalu menutup mulutnya dan menekan langit-langit mulutnya untuk memasukkan udara ke paru-parunya.

2. Kodok


Kodok merupakan hewan amfibi lain yang juga memiliki paru-paru, kulit, dan insang sebagai alat pernapasan. Paru-paru kodok mirip dengan paru-paru katak, yaitu berbentuk kantung kosong yang terhubung dengan tenggorokan.



Kodok juga menghirup udara melalui hidung atau mulut, lalu menutup mulutnya dan menekan langit-langit mulutnya untuk memasukkan udara ke paru-parunya.

3. Salamander


Salamander adalah hewan amfibi yang memiliki bentuk seperti kadal, tetapi memiliki paru-paru sebagai alat pernapasan utama. Paru-paru hewan ini biasanya memiliki alveoli, yaitu struktur seperti balon kecil yang berfungsi untuk pertukaran gas antara paru-paru dan aliran darah.

Salamander menghirup udara melalui hidung atau mulut, lalu menelan udara ke paru-parunya.

4. Kadal Air

Kadal air merupakan hewan amfibi yang hidup di air tawar dan dapat bernapas dengan paru-paru, kulit, dan insang. Paru-paru kadal air juga memiliki alveoli seperti salamander. Kadal air dapat menghirup udara melalui hidung atau mulut, lalu menelan udara ke paru-parunya.

5. Buaya


Buaya merupakan hewan reptil yang memiliki paru-paru sebagai alat pernapasan tunggal, meskipun dapat menahan napas di dalam air.

Paru-paru buaya terletak di bagian atas rongga tubuhnya dan memiliki banyak alveoli untuk pertukaran gas yang efisien. Buaya akan menghirup udara melalui lubang hidungnya yang terletak di ujung moncongnya, lalu menghembuskan udara melalui lubang yang sama.

6. Komodo


Selanjutnya ada komodo. Hewan reptil terbesar di dunia ini juga memiliki paru-paru sebagai alat pernapasan tunggal. Paru-paru komodo terletak di bagian bawah rongga tubuhnya dan memiliki sedikit alveoli untuk pertukaran gas yang kurang efisien.

Komodo menghirup udara melalui lubang hidungnya yang terletak di dekat mata, lalu menghembuskan udara melalui lubang yang sama atau melalui mulutnya.

7. Cicak

Cicak juga termasuk hewan reptil yang memiliki paru-paru sebagai alat pernapasan tunggal, dan juga dapat melepaskan ekornya untuk menghindari predator. Paru-paru cicak terletak di bagian belakang rongga tubuhnya dan memiliki beberapa alveoli untuk pertukaran gas yang cukup efisien.

Cicak menghirup udara melalui lubang hidungnya yang terletak di dekat mata, dan kemudian menghembuskan udara melalui lubang yang sama atau melalui mulutnya.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)