10 Tank Terburuk yang Pernah Dibuat di Dunia

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 14:53 WIB
loading...
10 Tank Terburuk yang Pernah Dibuat di Dunia
Sejarah mencatat sejumlah negara pernah memproduksi tank-tank terburuk di dunia. (Foto: Getty Images)
A A A
JAKARTA - Tank-tank canggih kini nyaris dimiliki semua negara untuk memperkuat militernya. Namun sejarah mencatat banyak tank terburuk yang pernah dibuat di dunia. Mulai dari cacat desain hingga kemampuan tempurnya.

Saat ini tank M1A1 Abrams milik Amerika Serikat dianggap sebagai kendaraan tempur paling mumpuni. Sekelas dengan tank British Challenger dan German Leopard.

Tank pertama kali dikembangkan militer Inggris saat Perang Dunia I lantaran kondisi medan pertempuran yang penuh parit, kawat berduri, dan ancaman senapan mesin.

Prototipe tank pertama kali diuji pada 6 September 1915. Awalnya, kendaraan ini diberi nama kapal darat, namun untuk menjaga rahasia, tank versi awal disebut sebagai water tank alias pengangkut air yang kemudian disingkat menjadi tank. Sebutan ini digunakan agar pekerja yang membuatnya mengira sedang membuat kendaraan pengangkut air untuk tentara Inggris di Irak. Belakangan istilah tank dipakai untuk menggambarkan kendaraan lapis baja ini.

Tank pertama kali dipakai dalam pertempuran Somme pada 15 September 1916. Prancis mengembangkan tank Schneider CA1 yang dibuat dari traktor Holt Caterpillar, dan pertama kali digunakan pada 16 April 1917.

Penggunaan tank secara besar-besaran terjadi dalam Pertempuran Cambrai pada 21 November 1917 di provinsi Nord Prancis. Dalam pertempuran ini Inggris berhasil menaklukkan tantara Jerman.



Selanjutnya tank digdaya dalam Pertempuran Amiens yang dimulai pada pada 8 Agustus 1918. Dalam pertempuran ini pasukan Sekutu berhasil mematahkan pertahanan parit Jerman dengan bantuan kendaraan lapis baja. Pertempuran ini menjadi awal mula berakhirnya Perang Dunia I. Kehadiran tank pada akhirnya membuat konsep perang parit usang.

Namun, pengembangan tank sebagai kendaraan tempur tak mulus. Sebelum era komputerisasi, banyak tank yang sudah diproduksi ternyata cacat desain dan memiliki beragam kekurangan. Sayangnya, kelemahan ini baru diketahui setelah tank dipakai di medan tempur sehingga mengakibatkan jatuhnya banyak korban jiwa. Berikut 10 tank terburuk yang pernah dibuat di dunia dikutip dari Slash Gear, Jumat (18/8/2023).

1. T-35 – Uni Soviet
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)