Zombie Star, Bintang Misterius dengan Kekuatan Magnet Terbesar

Senin, 21 Agustus 2023 - 19:23 WIB
loading...
Zombie Star, Bintang Misterius dengan Kekuatan Magnet Terbesar
Zombie Star diduga punya kekuatan magnet terbesar. (Foto: Mashable)
A A A
JAKARTA - Para astronom menemukan sebuah bintang yang aneh di luar angkasa. Saking misteriusnya, bintang ini dinamai Zombie Star dan diduga punya kekuatan magnet terbesar.

Bintang dalam sistem HD 45166 itu sejatinya dikenal sebagai Wolf-Rayet. Fase kemunculannya langka dan singkat sehingga membuatnya terbakar lebih panas dan menghasilkan angin gas yang kuat tepat sebelum meledak dalam supernova.

Zombie Star massanya hanya sekitar empat kali massa matahari dan tidak seterang bintang lain di kelasnya. Kandungan di dalamnya antara lain nitrogen, oksigen, dan karbon.

Ahli astrofisika Tomer Shenar dan Julia Bodensteiner mulai menyebutnya Zombie Star karena menjadi obsesi Shenar untuk memecahkan misterinya.



"Bintang itu adalah teka-teki bagi saya, dan rekan-rekan saya harus menderita karena saya menyebutkan obyek ini berulang kali," ujar Shenar dilansir dari Mashable, Senin (21/8/2023).

Tim menyimpulkan bahwa spesifikasi bintang itu aneh karena berada di ambang menjadi magnetar, benda paling magnetis di alam semesta. Bintang yang terletak sekitar 3.000 tahun cahaya dari Bumi dengan bintang pendamping di konstelasi Monoceros, ternyata merupakan bintang hidup masif paling magnetis yang pernah ditemukan.

Temuan baru yang diterbitkan dalam jurnal Science ini menghadirkan Zombie Star sebagai obyek astronomi jenis baru yang dapat menjelaskan asal penemuan perbintangan. Daya magnet yang dipunyai Zombi Star diteliti dengan Teleskop Kanada-Prancis-Hawaii yang dapat mendeteksi dan mengukur medan magnet hingga 43.000 gauss.



Sebagai titik acuan, medan magnet bumi — gaya tak terlihat yang membantu kompas beroperasi dan navigasi burung — adalah 0,5 gauss. "Seluruh permukaan Zombie Star memiliki medan magnet hampir 100.000 kali lebih kuat dari Bumi," kata penulis Pablo Marchant, seorang astronom di Institut Astronomi KU Leuven di Belgia, dalam sebuah pernyataan.

Tim tersebut menyimpulkan bahwa bintang tersebut kemungkinan berupa sebuah bola aneh dan menjadi benda paling magnetis di alam semesta. Bintang yang terletak sekitar 3.000 tahun cahaya dari Bumi dengan bintang pendamping di konstelasi Monoceros, ternyata merupakan bintang hidup masif paling magnetis yang pernah ditemukan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)