Perjalanan ke Mars Butuh 6 Bulan, ke Planet Neptunus Capai 18 Tahun

Selasa, 22 Agustus 2023 - 11:11 WIB
loading...
Perjalanan ke Mars Butuh 6 Bulan, ke Planet Neptunus Capai 18 Tahun
Begitu jauhnya jarak planet Neptunus ke bumi hingga butuh waktu 18,3 tahun menggunakan pesawat luar angkasa. Foto: NASA
A A A
JAKARTA - Wacana manusia menetap di Mars sudah ada, butuh waktu 7 bulan dengan jarak 480 juta kilometer. Tapi, jika pesawat luar angkasa ingin mencapai planet Neptunus, butuh waktu belasan tahun.

Ini karena Neptunus adalah planet yang paling jauh dari matahari, dan planet terakhir dari sistem tata surya.

Perjalanan luar angkasa kerap dikisahkan dalam berbagai film sains fiksi, dimana seseorang mampu melakukan perjalanan luar angkasa dengan waktu yang cepat dan bahkan hanya dalam waktu beberapa menit atau jam.

Tentunya apa yang disajikan dalam film akan berbeda dengan kenyataannya. Karena sampai saat ini perjalanan luar angkasa memang masih menjadi
eksperimen yang mahal dan sulit untuk dilakukan.

Terlebih perjalanan untuk menjangkau planet luar seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, dengan jarak miliaran kilometer.

Lama Perjalanan dari Bumi ke Neptunus
Perjalanan ke Mars Butuh 6 Bulan, ke Planet Neptunus Capai 18 Tahun

Namun untuk menjawab rasa penasaran banyak orang, NASA telah memberikan penjelasan tentang jarak dan waktu tempuh ke seluruh planet yang berada di tata surya.

NASA mengungkapkan bahwa perjalanan dari Bumi ke Neptunus akan memakan waktu 18,3 tahun, atau 6.696 hari, atau 160.714 jam.

Neptunus sendiri memang menjadi planet terluar dalam sistem tata surya. Jarak dari matahari ke Neptunus sendiri sekitar lebih dari 4,5 miliar kilometer.

Jarak itu lebih jauh dibanding planet luar lain seperti Jupiter yang berjarak 780 juta km, Saturnus dengan 1,4 miliar km, dan Uranus 2,8 miliar km.

Kesimpulan tersebut diambil berdasar perhitungan jarak dari Bumi ke Neptunus dibagi kecepatan yang memungkinkan digunakan dalam luar angkasa.

Perjalanan ke Mars Butuh 6 Bulan, ke Planet Neptunus Capai 18 Tahun

Neptunus adalah planet terjauh dari bumi, dikenal sebagai planet es. Foto: NASA
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)