10 Penampakan UFO di Berbagai Penjuru Dunia, Disaksikan Warga Sipil dan Militer

Rabu, 23 Agustus 2023 - 13:06 WIB
loading...
10 Penampakan UFO di Berbagai Penjuru Dunia, Disaksikan Warga Sipil dan Militer
Ilustrasi penampakan UFO di berbagai penjuru dunia. (Foto: The Happinessfxn)
A A A
JAKARTA - Keberadaan Unidentified Flying Object alias UFO masih menjadi misteri. Namun, saksi mata dari berbagai penjuru dunia benar-benar melihat dengan mata kepala sendiri.

Sejumlah peristiwa memang belakangan berhasil dibuktikan hanya objek buatan manusia seperti persenjataan rahasia militer, drone atau lentera terbang. Namun, banyak pula yang hingga kini masih menjadi misteri. UFO sendiri kerap diidentikkan dengan kendaraan alien dari luar angkasa.

Berikut sepuluh peristiwa penampakan UFO dari seluruh dunia dikutip dari The Happinessfxn, Rabu (23/8/2023).

1. Siberia, Rusia

Hutan belantara di sekitar sungai Podkamennaya, Tunguska, Siberia, pernah mengalami peristiwa misterius . Pepohonan di hutan ini rata sepanjang bermil-mil pada 30 Juni 1908. Sejumlah ahli menjelaskan kemungkinan besar penyebabnya adalah meteorit. Namun banyak yang meyakini ledakan yang meratakan pepohonan tersebut disebabkan oleh jatuhnya UFO.



Lokasi yang terpencil dan terbatasnya alat membuat penjelasan ilmiah tentang penyebab dan besarnya ledakan hanya berdasarkan penilaian kerusakan dan studi geologi bertahun-tahun kemudian.

Penelitian-penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan berbeda mengenai ukuran objek penyebab ledakan, berkisar antara 50 hingga 190 meter. Diperkirakan gelombang kejut dari ledakan udara dalam peristiwa ini mencapai 5,0 skala Richter, dan perkiraan energinya berkisar antara 3–30 megaton TNT.

2. Suffolk, Inggris

Dua personel angkatan udara di pangkalan RAF Woodbridge di Suffolk melaporkan penampakan aneh cahaya yang tidak wajar pada malam hari di hutan Randlesham.

Mereka kemudian menemukan visual pesawat berbentuk segitiga melayang di atas pepohonan. Investigasi selanjutnya oleh Kementerian Pertahanan tidak menemukan penjelasan atas peristiwa yang terjadi pada Desember 1980 itu.
Sejumlah pihak meyakini pesawat tersebut adalah UFO, sementara pihak lain mengklaim penampakan itu berasal dari bola api di Mercusuar Orford Ness, Suffolk, Inggris dan bintang terang.

3. Belgia

Pada 1989 dan 1990, pemerintah Belgia mendapat sejumlah laporan penampakan UFO berbentuk segitiga. Namun, investigasi oleh Angkatan Udara Belgia tidak membuahkan hasil.

4. Melbourne, Australia

Pada April 1966, para siswa dan guru Sekolah Menengah Westfall melaporkan melihat pesawat terbang berbentuk cakram berwarna perak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2576 seconds (0.1#10.140)