Arkeolog Telusuri Jembatan Misterius yang Dikaitkan dengan Kisah Nabi Adam dan Ramayana

Senin, 04 September 2023 - 13:03 WIB
loading...
Arkeolog Telusuri Jembatan Misterius yang Dikaitkan dengan Kisah Nabi Adam dan Ramayana
Jembatan Misterius yang Dikaitkan dengan Nabi Adam dan Kisah Ramayana. FOTO/ DAILY
A A A
NEW DELHI - Para arkeolog India tengah melakukan penelitian mendalam Jembatan Rama, sebuah tanah misterius yang meghubungkan antara Sri Lanka dan India.



Seperti dilansir dari Earth Chronicles, Jembatan ini memiliki ciri dan nama tersendiri dalam pengetahuan agama yang berbeda.

Umat Islam menyebutnya Jembatan Adam dan umat Hindu menyebutnya Jembatan Rama. Asal usul struktur ini masih menjadi pertanyaan terbuka dan para peneliti berharap dapat menemukan jawabannya.

Menurut epos kuno Ramayana, penguasa Rama memerintahkan pembangunan jembatan untuk melakukan perjalanan ke Sri Lanka dan melawan raksasa Rahwana, yang telah menculik Shinta, kekasih Rama.

Umat Hindu menganggap situs ini suci dan penting bagi agama mereka. Namun, yang ada hanya aspek keagamaan dalam cerita tersebut dan tidak ada bukti arkeologis bahwa Jembatan Rama adalah bangunan buatan manusia, menurut Deyanath Tripathi, mantan kepala Dewan Penelitian Sejarah India.

Namun, arkeolog bawah air Alok Tripathi percaya bahwa Jembatan Rama mungkin masih merupakan situs buatan manusia.

Ia berpendapat bahwa tanah genting tersebut dibangun oleh peradaban kuno yang terpaksa mengungsi dari semenanjung India ke Sri Lanka sekitar empat ribu tahun yang lalu akibat gempuran suku Arya. Namun, studi lapangan diperlukan untuk mengkonfirmasi hipotesis ini, yang belum dilakukan.

Demi mengungkap misteri asal usul Jembatan Rama, Dewan Penelitian Sejarah India akan mengirimkan ekspedisi bawah air para arkeolog yang dipimpin oleh Alok Tripathi pada musim panas ini.

Namun, pekerjaan eksplorasi tanah genting telah ditunda beberapa kali. Pada tahun 2005, proyek ini dibatalkan karena protes massal dari jamaah, dan pada tahun 2013 karena ancaman tsunami.

Saat ini, pihak berwenang India berencana memperdalam Jembatan Rama untuk memfasilitasi navigasi. Namun, umat Hindu, yang merupakan mayoritas penduduk negara itu, menentang gagasan tersebut. Mereka menganggap tanah genting itu suci dan tidak ingin tanah itu diubah atau dihancurkan.

Studi tentang Jembatan Rama tidak hanya penting bagi kelompok agama, tetapi juga bagi komunitas ilmiah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)