Bukan Khayalan, Ini Penjelasan Ilmiah di Balik Kekuatan 10 Superhero Dunia

Jum'at, 08 September 2023 - 23:00 WIB
Bukan Khayalan, Ini Penjelasan Ilmiah di Balik Kekuatan 10 Superhero Dunia
Kekuatan para superhero dunia ternyata bukan sekadar rekaan semata. (Foto: ScreenRant)
JAKARTA - Para tokoh superhero dunia dari Marvel Cinematic Universe dan DC Universe sudah melekat dalam memori kita. Mereka rata-rata memiliki kekuatan luar biasa di luar nalar manusia biasa.

Mayoritas orang menganggap kekuatan para tokoh superhero ini hanya rekaan semata. Namun, faktanya ada beberapa yang benar-benar bertumpu pada ilmu pengetahuan nyata.

Dikutip dari ScreenRant, Jumat (8/5/2023), berikut sepuluh kekuatan super para superhero dunia yang dapat dijelaskan menggunakan sains dari dunia nyata.

1. Ant-Man

Ant-Man sering kali menjadi pahlawan super yang paling diremehkan di MCU, karena kemampuan mengubah ukuran tubuhnya secara drastis tampaknya tidak signifikan dibandingkan dengan pahlawan terkemuka lainnya.

Namun, ternyata, Scott Lang bisa jadi pahlawan super terkuat di semua franchise film komik, berkat hukum fisika kuantum.

Fisikawan kuantum Dr. Spiros Michalakis mengungkapkan bahwa akses Ant-Man ke Alam Kuantum berarti ia mungkin dapat mengubah bentuk ruang-waktu, struktur alam semesta. Hal ini memungkinkan Ant-Man mengubah hukum alam semesta, membuatnya menjadi lebih kuat daripada superhero lain seperti Superman.

2. Nightcrawler

Teleportasi Nightcrawler dalam franchise X-Men Fox mungkin tampak seperti kekuatan dunia lain dan tidak dapat dicapai oleh manusia biasa. Namun, dalam paparan artikel ilmiah di Zilbest dijelaskan bahwa mekanika kuantum dapat memberikan jawaban tentang hal ini.

Secara teoritis, mekanika kuantum menjelaskan bahwa informasi dapat diekstraksi dari satu objek dan dikirim ke tempat lain di mana salinan persis dari objek tersebut dapat dibuat.

Ide lain menghubungkan teleportasi Nightcrawler dengan keterikatan kuantum, yang menghubungkan partikel dalam jarak yang sangat jauh dan dapat melihatnya berteleportasi dengan mengubah tubuhnya menjadi informasi kuantum, meskipun ini akan membutuhkan energi yang sangat besar.

3. Spider-Man

Saat melihat Peter Parker menghentikan kereta api di Spider-Man 2 tahun 2004, seberapa kuat jaringnya sebenarnya dapat dihitung.

Fisikawan Jim Kakalios dalam wawancara dengan Insider menyatakan bahwa hal ini dapat dilakukan dengan mencari massa umum kereta. Memperkirakan kecepatan kereta, memperkirakan diameter anyaman, lalu menghitung garis web.

Perhitungan ini menunjukkan bahwa jaring Spider-Man kira-kira berukuran 1.000 megapascal, setara dengan 145.000 pon per inci persegi, hampir sama kuatnya dengan sutra laba-laba di dunia nyata.

4. Superman

Man of Steel dari DC, Clark Kent, alias Superman, memiliki kekuatan luar biasa yang diberikan kepadanya oleh matahari yang memengaruhi fisiologi Kryptonnya. Kemampuannya yang paling terkenal adalah terbang, yang menurut laman Gizmodo dapat dicapai menggunakan massa negatif.

Dalam fisika, massa negatif dan positif saling jatuh satu sama lain, membentuk gravitasi, dan Superman merasakan hal yang sama seperti orang lain. Namun, Superman mungkin dapat mengubah molekul udara di sekitar tubuhnya atau lapisan kulitnya menjadi massa negatif, yang akan mendorongnya ke atas. Superman dapat menggunakan massa negatif dan tekanan udara untuk dengan mudah menentang hukum gravitasi.

5. Palu Thor

Meskipun tidak semua orang dapat menggunakan palu Thor, Mjolnir, hal ini sebenarnya bukan karena berat palu tersebut. Faktanya, palu Thor di Marvel Comics, terbuat dari logam fiksi Uru, memiliki berat 42,3 pon.

Suveen Mathaudhu, manajer program divisi sains Kantor Penelitian Angkatan Darat AS, menghitung kepadatan Mjolnir sekitar 2,13 gram per sentimeter kubik, membuatnya lebih ringan dari aluminium (via NC State University). Namun, Mathaudhu berpendapat bahwa Uru bisa jadi adalah "suatu bentuk hidrogen metalik," yang ditemukan di inti planet dan bintang, seperti Nidavellir di MCU yang memungkinkan Mjolnir menjadi ringan tetapi juga sangat kuat.

6. Flash

Dalam wawancara dengan Insider, profesor fisika di University of Minnesota Jim Kakalios menjelaskan bagaimana Barry Allen yang diperankan Ezra Miller mampu berlari di permukaan vertikal di Justice League tahun 2017.

Meskipun dia menyatakan bahwa tidak mungkin untuk benar-benar berlari di dinding karena tidak ada gesekan, Kakalios menjelaskan Flash sebenarnya bisa jatuh tanpa disadari.

Dia sebelumnya telah mengetahui bahwa (mengabaikan Speed Force) Flash dapat berlari dengan kecepatan 2.250 mil per jam, sehingga menunjukkan bahwa, karena gravitasi, dalam satu milidetik, Barry akan jatuh kira-kira selebar sel darah merah. Hal ini dapat membuatnya tampak seperti berlari di permukaan vertikal padahal sebenarnya tidak demikian.

7. Captain America

Transformasi Steve Rogers menjadi Captain America adalah salah satu momen paling menawan di MCU. Ahli biologi Stanford Sebastian Alvarado berpendapat bahwa serum prajurit super mungkin merupakan manipulasi genetik.

Alvarado mencatat bahwa para ilmuwan di dunia nyata mengetahui gen-gen yang terlibat dalam puncak bentuk fisik dan kemampuan kognitif manusia. Gen-gen ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan menggunakan alat pengeditan genom dalam proses yang disebut modifikasi epigenetik.

Alvarado mencatat bahwa sinar vita yang digunakan dalam transformasi Captain America mungkin berhubungan dengan pendekatan farmakoterapi, dengan cahaya yang digunakan untuk mengaktifkan pembawa obat yang peka terhadap cahaya. Hal ini bisa saja mengaktifkan alat pengeditan genom Rogers, menyalakannya, dan mengubahnya menjadi Captain America.

8. Spider-Man Memanjat Tembok

Setiap versi Spider-Man menunjukkan kemampuan untuk menempel di dinding dan langit-langit, tetapi hal ini jarang dijelaskan dalam proyek live-action-nya. Faktanya, insinyur biomaterial Shu Yang berteori bahwa Spider-Man mungkin menggunakan kekuatan Van Der Waals untuk melakukan penjelajahan di dinding, seperti yang dilakukan laba-laba dan tokek di dunia nyata.

Yang menyatakan alih-alih menciptakan ruang hampa antara tubuhnya dan dinding seperti katak, Spider-Man sebenarnya memiliki rambut mikroskopis, yang disebut setae, yang kemudian ditutupi dengan ribuan rambut nano, yang disebut spatulae. Ketika rambut-rambut ini tertekuk, berubah menjadi perekat, memungkinkan Spider-Man menempel pada permukaan vertikal.

9. Deadpool

Kemampuan Deadpool yang paling berkesan adalah penyembuhan regeneratifnya, yang menurut teori Kyle Hill di Nerdist, mungkin terbantu oleh kankernya.

Kanker umumnya disebabkan ketika sel-sel dalam tubuh mulai tumbuh di luar kendali, membentuk massa yang mengganggu fungsi normal tubuh. Namun Hill mencatat bahwa tubuh menggunakan onkogen dan gen penekan tumor untuk melawan pertumbuhan ini.

Proto-onkogen mendorong sel untuk membelah, sementara gen penekan menghentikan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Hill berpendapat bahwa Deadpool mampu mengendalikan gen-gen ini, sehingga dia dapat menyembuhkan hampir semua luka dengan mudah, seperti bagaimana salamander mampu menumbuhkan kembali anggota tubuh yang terputus.

10. Iron Man

Tony Stark tidak memiliki kemampuan manusia super, tetapi kejeniusannya memungkinkan dia membuat exosuit berteknologi maju. Meskipun teknologi Stark sering kali terasa di luar jangkauan, versi kostum Iron Man MCU telah dibuat di dunia nyata, karena sebagian besar teknologi tersebut benar-benar ada.

Dalam wawancara dengan Insider, profesor fisika di University of Minnesota Jim Kakalios mencatat bahwa satu-satunya hal yang belum diketahui manusia adalah reaktor busur, yang membutuhkan daya dari tiga pembangkit listrik tenaga nuklir.

Namun, Kakalios menyebutkan bahwa koneksi Stark yang hampir bersifat telepati ke setelannya mencerminkan teknologi helm cybernetic yang sedang dikembangkan untuk membantu menyembuhkan kelumpuhan.