Diteliti Sejak 2012, Ini Penyebab Kaldera McDermitt Berlimpah Harta Karun Lithium

Selasa, 12 September 2023 - 19:40 WIB
loading...
Diteliti Sejak 2012, Ini Penyebab Kaldera McDermitt Berlimpah Harta Karun Lithium
Penelitian untuk mengetahui kandungan logam Lithium yang dijuluki emas putih di Kaldera McDermitt telah dilakukan sejak tahun 2012. Foto/OPB/Daily Mail
A A A
WASHINGTON - Penelitian untuk mengetahui kandungan logam Lithium yang dijuluki emas putih di Kaldera McDermitt telah dilakukan sejak tahun 2012. Diperkirakan di bawah Kaldera McDermitt mengandung 40 juta metrik ton logam Lithium yang nilainya sekitar USD1,5 triliun atau Rp23.000 triliun.

Tom Benson dari Lithium Americas dan Columbia University mengatakan kepada Daily Mail, mulai mempelajari kaldera McDermitt pada tahun 2012. Awalnya dia mencoba meneliti mengapa kaldera tersebut mengandung begitu banyak endapan berbeda.

“Saya segera menyadari bahwa Li (Lithium) adalah raksasa yang terdapat di seluruh kaldera dari ujung utara di Oregon hingga ujung selatan di Nevada,” kata Benson dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Selasa (12/9/2023).



Studi ini menunjukkan pengeboran di sekitar kaldera menunjukkan bahwa konversi smektit menjadi ilit di kedalaman hanya terjadi di Pegunungan Montana dan di selatan sekitar area Thacker Pass. “Jadi, saya segera mengubah fokus untuk memahami asal usul deposit Lithium, karena tidak ada informasi yang diketahui tentang asal usulnya pada saat itu,” ujar Benson.

Kaldera McDermitt diyakini terbentuk sekitar 19 juta tahun lalu, dan terakhir meletus 16 juta tahun lalu. Ahli geologi percaya letusan tersebut mendorong mineral dari dalam tanah ke permukaan, sehingga meninggalkan tanah liat smektit yang kaya Lithium.

Sesar dan patahan juga terbentuk akibat ledakan yang memberikan jalan bagi lithium untuk naik ke permukaan kawah. Sebuah danau terbentuk di dalam kaldera setelah letusan terakhir, dan tim menganalisis sedimen, menemukan konsentrasi Litium yang tinggi.

Tim tersebut berbagi dalam penelitian yang diterbitkan di Science Advances dan memilih sendiri sampel batu lempung dari Kaldera McDermitt. Mereka menemukan bahwa sampel tersebut juga memiliki konsentrasi Lithium yang tinggi.



Pengeboran sebelumnya di Thacker Pass, yang terletak di dekatnya dan dimiliki oleh Lithium Americas, mengandung setara 13,7 juta ton Lithium karbonat dan sebelumnya dikenal sebagai deposit terbesar di AS. Untuk mengidentifikasi gunung berapi super mana yang menawarkan sumber Lithium terbaik, para peneliti mengukur konsentrasi asli Lithium di magma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)