Ilmuwan Berhasil Ciptakan Alat untuk Mendeteksi Kesuksesan Transplantasi Organ

Kamis, 14 September 2023 - 07:28 WIB
loading...
Ilmuwan Berhasil Ciptakan Alat untuk Mendeteksi Kesuksesan Transplantasi Organ
Chip elektronik yang sangat mungil ini bisa mengetahui dan memantau organ donor di tubuh penerimanya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Transplantasi organ saat ini menjadi salah satu tindakan medis yang sangat penting dilakukan. Meski demikian, masih cukup sulit untuk mendeteksi kesuksesannya karena semua harus dilakukan secara manual.

Nah, belum lama ini ilmuwan di Northwestern University dikabarkan sedang mengembangkan alat pendeteksi kesuksesan transplantasi organ berupa micro chip. Alat tersebut saat ini sudah memasuki tahap percobaan.

Dihimpun dari Mashable , Kamis (14/9), alat ini sudah diuji pada transplantasi ginjal hewan dan berhasil memperingatkan potensi penolakan organ tiga minggu lebih awal dibandingkan metode sebelumnya.

Nantinya, diharapkan alat bisa memantau kesehatan organ yang baru saja ditransplantasi secara real time dengan mengirimkan sinyal informasi yang rinci secara nirkabel ke smartphone atau tablet dokter.



Kehadiran alat pendeteksi kesuksesan transplantasi organ tidak hanya dapat meningkatkan kemungkinan hidup pasien. Tetapi juga membantu menjaga kesehatan organ yang didonorkan.

Pada gilirannya, alat ini dapat berguna untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa di tengah kekurangan donasi organ secara global. Kita tunggu saja hingga alat ini benar-benar dapat digunakan pada manusia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2478 seconds (0.1#10.140)