5 Fakta Lithium yang Ditemukan di Iran, Terbesar Kedua di Dunia

Selasa, 19 September 2023 - 16:27 WIB
loading...
5 Fakta Lithium yang Ditemukan di Iran, Terbesar Kedua di Dunia
Penemuan Lithium Iran diperkirakan terbesar kedua di dunia. Foto/Mining Technology/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Lithium Iran yang baru-baru ini ditemukan dalam jumlah besar mencuri perhatian dunia. Bagaimana tidak, lithium saat ini telah dijuluki sebagai "minyak baru" yang berperan penting dalam produksi dan keberlangsungan kendaraan listrik.

Penemuan lithium di Iran ini diprediksi akan membuka jalan bagi negara tersebut untuk mendapat keuntungan geopolitik dan ekonomi yang tak tertandingi.

Bahkan, penemuan lithium di Iran sempat memunculkan ketakutan bagi negara-negara pesaing, terutama Israel dan Barat terhadap negara mayoritas muslim tersebut.



Berikut ini beberapa fakta tentang lithium Iran yang menghebohkan.

Fakta Lithium yang Ditemukan di Iran


1. Ditemukan di Hamedan


Ladang lithium tersebut berada di Hamedan. Wilayah tersebut merupakan salah satu provinsi Iran yang terletak di pegunungan bagian barat negara itu.

Penemuan di Hamedan menggemparkan karena pertama kalinya negara di Timur Tengah memiliki sumber cadangan lithium yang besar.

2. Ladang Lithium Terbesar Kedua di Dunia


Menurut laman Finance Tribune, ladang lithium di Provinsi Hamedan bagian barat diperkirakan merupakan terbesar kedua di dunia setelah simpanan di Chili.



Ladang lithium Iran ini diperkirakan memiliki 8,5 juta ton lithium. Hal ini akan memberi Iran kendali atas 10% cadangan litium dunia yang diketahui sebanyak 89 juta ton.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3557 seconds (0.1#10.140)