4 Fakta Kaldera McDermitt, Surganya Lithium di Dunia

Jum'at, 15 September 2023 - 11:10 WIB
loading...
4 Fakta Kaldera McDermitt, Surganya Lithium di Dunia
Kaldera McDermitt menyimpan harta karun Lithium terbesar di dunia. Foto/OPB
A A A
JAKARTA - Kaldera McDermitt merupakan sebuah kawah gunung berapi yang terletak di Oregon dan utara Nevada di Amerika Serikat. Kawah ini memiliki diameter sekitar 10 km dan menjadi salah satu terbesar di dunia.

Kawah besar ini menjadi populer lantaran baru diketahui memiliki kandungan Lithium . Sumber daya Lithium di Kaldera McDermitt diyakini sebagai harta karun terbesar di dunia.

Berikut empat fakta Kaldera McDermitt yang memiliki kandungan lithium terbesar di dunia.

Fakta Kaldera McDermitt


1. Gunung Berapi Super Kuno


Kaldera McDermitt adalah sebuah gunung berapi super kuno yang terletak di perbatasan antara Nevada dan Oregon, Amerika Serikat. Kawah ini diyakini terbentuk sekitar 19 juta tahun lalu dan terakhir meletus 16 juta tahun yang lalu.



Letusan tersebut mendorong mineral dari dalam tanah ke permukaan, sehingga meninggalkan tanah liat smektit yang kaya Lithium. Sesar dan patahan juga terbentuk akibat ledakan yang memberikan jalan bagi Lithium untuk naik ke permukaan kawah.

2. Memiliki Banyak Kandungan Lithium


Dilansir dari laman US Kings, deposit Lithium di Kaldera McDermitt diperkirakan mencapai 20 hingga 40 juta metrik ton secara total. Jumlah ini mengungguli lapisan tanah liat di lokasi lain secara global.

Deposit Lithium ini ditemukan di dalam kawah gunung berapi super kuno tersebut dan diyakini sebagai deposit tunggal terbesar di dunia. Temuan ini berdampak besar pada industri mobil listrik karena Lithium merupakan bahan baterai yang dapat diisi ulang.

3. Kaldera McDermitt Mempunyai Keindahan yang Menakjubkan


Kawah ini menjadi populer karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Di sekitar kawah terdapat beberapa tempat wisata seperti air terjun, danau, dan pemandangan alam yang menakjubkan.



Selain itu, Kaldera McDermitt juga menjadi tempat penelitian bagi para ilmuwan untuk mempelajari sejarah geologi bumi dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Namun, pengunjung harus selalu waspada dan mengikuti petunjuk keselamatan yang telah ditetapkan karena Kaldera McDermitt masih aktif dan dapat meletus sewaktu-waktu.

4. Gunung yang Mempunyai Nilai Sejarah Tinggi


Kaldera McDermitt mempunyai nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Hal ini karena kawah tersebut merupakan tempat tinggal bagi berbagai satwa liar dan tanaman endemik, serta tempat suci bagi beberapa masyarakat adat.

Banyak pihak yang prihatin dengan dampak lingkungan dari rencana penambangan Lithium di kaldera ini. Kaldera ini juga menjadi saksi bisu dari perubahan geologi dan iklim yang terjadi selama jutaan tahun, sehingga menjadi salah satu warisan alam yang patut dilestarikan.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4887 seconds (0.1#10.140)