15 Penemuan Luar Biasa yang Awalnya Ditertawakan dan Dihina

Kamis, 21 September 2023 - 09:05 WIB
loading...
A A A
Seperti halnya telepon, para ahli di Inggris bahkan lebih meremehkan inovasi Edison. Sebuah komite parlemen Inggris dengan angkuh menyimpulkan bahwa penemuan Amerika “cukup baik bagi teman-teman transatlantik kita... tetapi tidak layak mendapat perhatian dari para praktisi atau ilmuwan.”

Sementara Sir William Preece menyebutnya sebagai sebuah prediksi buruk. “Api bodoh pada dasarnya adalah harapan palsu atau keinginan yang sia-sia.”

7. Daylight Saving Time

Mayoritas negara di dunia saat ini memajukan jamnya satu jam di musim semi dan memundurkannya setiap musim gugur untuk memanfaatkan sinar matahari semaksimal mungkin. Praktik ini pertama kali disarankan pada 1895 oleh ilmuwan Selandia Baru kelahiran Inggris George Vernon Hudson dalam makalah yang diserahkan ke Wellington Philosophical Society. Saran Hudson dikecam oleh rekan-rekannya.

8. Sepeda

Sepeda paling awal ditemukan di Jerman pada 1810-an, namun baru populer pada 1890-an. Pada saat itu, inovasi ini dianggap sebagai hobi yang tidak penting dan banjir kritikan.

Pengendara sepeda wanita khususnya menjadi objek ejekan seperti dalam kartun majalah Punch tahun 1898. Para jurnalis menganggap sepeda sebagai kegilaan konyol. Pada 1902, The Washington Post menyatakan aktivitas tersebut hanya sekedar khayalan belaka, sedangkan New York Sun menyatakan hobi tersebut akan berakhir pada 1906.

9. Mobil

Penemuan mobil awalnya juga diremehkan. Literary Digest pada tahun 1899 menulis bahwa kereta tanpa kuda ini merupakan kemewahan bagi orang kaya. Namun, meski harganya akan turun di masa depan, tapi tidak akan pernah digunakan secara massal seperti sepeda.

The New York Times setuju, dengan menyatakan pada 1902 bahwa harga mobil tidak akan pernah cukup murah untuk menjadikannya sepopuler sepeda. Sementara tahun berikutnya Presiden Michigan Savings Bank memperingatkan pengacara Henry Ford, Horace Rackham, untuk tidak berinvestasi di Ford Motor Company dengan alasan mobil hanyalah sebuah tren. Ford mengabaikan peringatan ini dan investasinya dalam produksi massal mobil merupakan pendorong utama di balik kesuksesan besar mobil di masa depan.


10. Film Suara

Talkie pertama diproduksi oleh sutradara perintis Perancis Alice Guy-Blaché pada awal 1900-an. Namun film yang menggabungkan dialog tersinkronisasi baru populer pada 1927 dengan dirilisnya film laris Hollywood The Jazz Singer, yang menandai berakhirnya era film bisu. Kendati demikian, film bersuara ini awalnya banyak dicela.

Presiden United Artists Joseph Schenck pada tahun 1928 mengatakan bahwa berbicara tidak pantas dilakukan dalam gambar. Sementara bos studio film Inggris John Maxwell menganggap talkie sebagai “tren yang mahal”.
Bintang-bintang Hollywood juga meremehkan teknologi baru ini. Aktris Mary Astor menulis pada tahun 1960-an bahwa banyak artis pada masa itu menganggap The Jazz Singer sebagai gimmick box-office dan menganggap bahwa film bersuara akan mengusir penonton dari bioskop.

11. Televisi

Penemu asal Skotlandia, John Logie Baird, memperkenalkan TV ke dunia pada 1926. Ketika Baird muncul di kantor surat kabar Inggris, Daily Express, untuk memamerkan karyanya, editor surat kabar tersebut memerintahkan seorang staf untuk mengusirnya.
Pada tahun yang sama, pionir radio Lee DeForest menilai TV secara komersial dan finansial adalah suatu hal yang mustahil.

Pada 1939, New York Times menekankan bahwa TV tidak akan pernah menjadi pesaing serius radio karena orang harus duduk dan menatap layar, sementara rata-rata keluarga Amerika tidak punya waktu untuk itu.

Sementara bos 20th Century Fox Darryl Zanuck menyatakan pada tahun 1946 bahwa TV tidak akan mampu mempertahankan pasar mana pun yang dikuasainya setelah enam bulan pertama. Orang akan segera bosan menatap kotak kayu lapis setiap malam. Namun, pada tahun 1948, eksekutif radio BBC Mary Somerville menyebut teknologi ini secepat kilat.

12. Telepon Genggam

Pada awal 1980-an, ponsel merupakan perangkat yang berat, mahal, serta hanya dimiliki oleh para pebisnis kaya. Tidak heran jika masa depan teknologi tampak suram menurut para ahli.

Laporan McKinsey untuk AT&T pada 1980 meramalkan ponsel akan menjadi perangkat khusus dengan hanya 900.000 pengguna di AS pada 2000. Kenyataannya, jumlah total pengguna pada tahun itu mencapai 108 juta.

Pada 1981, konsultan telekomunikasi Jan David Jubon tidak yakin bahwa teknologi ini memiliki daya tarik. “Siapa, hari ini, yang akan mengatakan saya akan melepaskan kabel-kabel di rumah saya dan membawa telepon ke mana-mana?”
Namun, Marty Cooper, insinyur yang memimpin tim pembuat telepon seluler pertama, tidak begitu peduli kritik ini. “Telepon seluler sama sekali tidak akan menggantikan sistem kabel lokal. Bahkan jika Anda memproyeksikannya melampaui masa hidup kita, biayanya tidak akan cukup murah."

13. Laptop

Para sejarawan menganggap Osbourne 1, yang dirilis pada 1981, sebagai komputer portabel pertama. Segera setelah itu, Compaq Portable, laptop pertama yang kompatibel dengan PC, diluncurkan pada 1983.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)