Astronot China Berhasil Menanam Sayuran di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Kamis, 21 September 2023 - 21:46 WIB
loading...
Astronot China Berhasil Menanam Sayuran di Stasiun Luar Angkasa Tiangong
Astronot awak Shenzhou 16 berhasil menanam sayuran di stasiun luar angkasa Tiangong. Foto/CCTV+
A A A
BEIJING - Astronot awak Shenzhou 16 berhasil menanam sayuran di stasiun luar angkasa Tiangong. Sayuran ini bagian dari eksperimen sains sekaligus cadangan makanan para astronot selama di luar angkasa.

Media pemerintah China , CCTV+ melaporkan, komandan misi Shenzhou 16 Jing Haipeng dan dua kru lainnya, Zhu Yangzhu dan Gui Haichao telah menanam sayuran sebagai bagian dari eksperimen sains di stasiun luar angkasa Tiangong.

Ketiganya telah menggunakan perangkat budidaya taman luar angkasa yang dirancang oleh para peneliti dari Pusat Penelitian dan Pelatihan Astronot China. Perangkat ini mengontrol suhu, kelembapan, oksigen, dan tingkat karbon dioksida untuk menciptakan lingkungan yang disesuaikan untuk pertumbuhan tanaman.



Di stasiun luar angkasa Tiangong, kebun sayur yang dirawat astronot Shenzhou-16 posisinya angkasa terbalik terhadap Bumi. Di masa depan, taman luar angkasa tidak hanya akan menyediakan makanan, oksigen, dan air bagi para astronot, tetapi juga berfungsi sebagai platform eksperimen.

“Eksperimen ini untuk mempelajari dampak lingkungan khusus, seperti gayaberat mikro luar angkasa, terhadap pertumbuhan tanaman,” sebut CCTV+ dikutip SINDOnews dari laman Space, Kamis (21/9/2023).

Awak misi Shenzhou 14 menanam selada Thale dan tanaman lainnya selama mereka berada di Tiangong. Sementara itu, Tiangong juga saat ini menampung sedikitnya 100 jenis benih.

Tamanan sayuran ini terkena radiasi kosmik dan dikembalikan ke Bumi untuk dipelajari. Para ilmuwan berharap dapat mengisolasi mutasi yang bermanfaat untuk memperbaiki strain tanaman.



Sebenarnya awak Shenzhou 16 tidak perlu menanam makanan mereka sendiri karena memiliki beragam 120 hidangan untuk dinikmati saat berada di orbit. Mereka mendapat kiriman makanan oleh pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou.

Diketahui China menyelesaikan pembangunan tiga modul Tiangong pada akhir tahun 2022. Shenzhou 16 diluncurkan pada 29 Mei, menggantikan awak Shenzhou 15. Jing dan rekan-rekannya akan menyerahkan kendali pos orbital tersebut kepada awak Shenzhou 17 yang belum ditentukan awaknya pada bulan November.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)