Dirancang Terbang Lambat, Pengebom Siluman Rusia PAK DA Mampu Bawa Banyak Senjata

Senin, 25 September 2023 - 17:17 WIB
loading...
Dirancang Terbang Lambat, Pengebom Siluman Rusia PAK DA Mampu Bawa Banyak Senjata
Tupolev, perusahaan pembuat pesawat Rusia, sengaja merancang pesawat pengebom siluman PAK DA terbang lambat dengan kecepatan di bawah Mach 1 atau subsonik. Foto/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Tupolev, perusahaan pembuat pesawat Rusia , sengaja merancang pesawat pengebom siluman PAK DA terbang lambat dengan kecepatan di bawah Mach 1 atau subsonik. Namun, pesawat pengebom siluman yang juga dikenal sebagai Izdelie 80 mampu membawa senjata lebih banyak, termasuk rudal hipersonik.

Proyek PAK DA, yang saat ini berada di bawah naungan Tupolev, direncanakan menjadi pengebom siluman pertama Rusia. Peluncuran proyek pesawat pengebom siluman ini telah lama direncanakan oleh Angkatan Udara Rusia pada tahun 1990-an.

Tupolev memulai desain pengebom strategis PAK DA pada tahun-tahun awal milenium baru dan merancang kecepatannya tidak lebih dari Mach 1. Fokus utama pada desain kemampuan siluman untuk bertahan dari ancaman musuh dan mampu melakukan observasi lebih baik.



Dikutip dari laman Bulgarian Military, Senin (25/9/2023), pengebom strategis PAK DA tampaknya terinspirasi dari pengebom B-2 Spirit mili AS dan menggabungkan aspek teknologi siluman dengan desain “sayap terbang” yang khas. Struktur unik ini menghilangkan elemen pesawat tradisional, seperti badan pesawat, sayap, dan ekor.

Desain inovatif ini juga menambah faktor siluman, karena hilangnya rakitan ekor secara signifikan mengurangi penampang radar, menambah lapisan ekstra tembus pandang pada pesawat. Komputer kontrol penerbangan yang kompleks mendukung ketiadaan komponen-komponen ini, sehingga memastikan pesawat tetap stabil dalam penerbangan.
Dirancang Terbang Lambat, Pengebom Siluman Rusia PAK DA Mampu Bawa Banyak Senjata


Meskipun banyak hal tentang PAK DA yang masih diselimuti misteri, namun pesawat tersebut dikonfigurasi untuk membawa berbagai muatan, berupa senjata konvensional, nuklir, dan hipersonik. Pengebom siluman PAK DA dilaporkan memiliki dengan kapasitas muatan sebesar 30T, melebihi batas 20T yang dimiliki B-2.

Kemampuan meluncurkan persenjataan berkecepatan tinggi menghilangkan kebutuhan akan penerbangan berkecepatan tinggi. “Pesawat ini siap untuk merevolusi peperangan melalui kemampuan silumannya, membingungkan pertahanan udara musuh sementara rudal hipersonik menembus sasaran,” tulis Bulgarian Military.



Para pejabat Inggris baru-baru ini mengungkapkan bahwa para insinyur Rusia sedang memasuki tahap akhir pembuatan pesawat pembom PAK-DA generasi kelima yang mutakhir. “Prototipe PAK-DA, yang sangat mirip dengan pembom B-2 Amerika, tampaknya hampir selesai,” kata Menteri Persenjataan Inggris, James Heappey.

Saat ini, Rusia mengerahkan serangkaian pengebom strategis dan pembawa rudal, termasuk model seperti Tu-95, Tu-22, dan Tu-160. Garis depan dilengkapi dengan Su-34 yang efisien. Tu-160 baru yang baru dimodernisasi dan dibangun juga telah ditambahkan ke armada Angkatan Udara Rusia.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)