Tak Disangka, 7 Hewan Ini Mendengkur seperti Manusia

Rabu, 27 September 2023 - 15:43 WIB
loading...
Tak Disangka, 7 Hewan Ini Mendengkur seperti Manusia
Mendengkur biasa dilakukan manusia. Namun, sejumlah hewan juga melakukan hal serupa. (Foto: Business Insider)
A A A
JAKARTA - Mendengkur adalah hal yang biasa dilakukan oleh manusia. Namun, apakah hewan juga mendengkur? Ada beberapa jenis hewan yang rupanya terkenal sebagai pendengkur.

Berikut 7 hewan yang tidur mendengkur dikutip dari berbagai sumber, Rabu (27/9/2023).

Anjing

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang gemar mendengkur. Dengkuran pada anjing terjadi saat udara melewati jaringan di mulut, hidung, maupun tenggorokan. Beberapa jenis anjing yang terkenal sebagai pendengkur adalah Boxer, BullDog, dan Pug.

Namun, patut diperhatikan bahwa dengkuran yang berlebihan mungkin saja terjadi karena penyempitan saluran pernapasan, peradangan, atau masalah lainnya. Selain itu, dengkuran berlebih pada anjing harus segera mendapat penanganan dokter apabila diiringi dengan gejala-gejala tak biasa, seperti keluarnya cairan dari mata dan hidung, berubahnya perilaku dan nafsu makan berkurang, kesulitan menelan, hingga terjadi pembengkakan di area wajah.


Kucing

Selain anjing, kucing juga hewan peliharaan favorit yang terkenal sebagai pendengkur. Bagi pemilik kucing, pasti sudah sangat familiar dengan dengkuran kucing ketika sedang tertidur lelap.

Melansir laman Pet Plan UK, kucing akan mendengkur jika merasa tubuhnya rileks, termasuk pada saluran pernapasannya. Hal tersebut membuat dengkuran pada kucing bukan merupakan hal yang aneh. Secara umum, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari dengkuran kucing, kecuali ada tanda-tanda lain yang muncul seperti batuk dan muntah.

Kuda

Kuda masuk dalam deretan hewan yang hobi mendengkur, terutama saat dalam keadaan duduk atau berbaring. Dengkuran pada kuda terjadi karena paru-paru mereka berada dalam tekanan. Maka dari itu, kuda biasanya berbaring atau tidur dengan waktu tak lebih dari 45 menit.

Beruang

Dengkuran juga biasa terdengar dari binatang buas seperti beruang. Melansir NPR, suara dengkuran terdengar jelas dari beruang yang sedang berhibernasi.

Diketahui, beruang melewatkan musim dingin dengan berhibernasi selama 6 bulan. Hibernasi dilakukan agar beruang mampu bertahan hidup di tengah cuaca ekstrem. Selain mendengkur, metabolisme beruang juga menurun drastis selama hibernasi.


Gajah

Tak boleh dilewatkan, gajah termasuk dalam jajaran hewan pendengkur. Sebuah video yang diberitakan oleh Daily Mail memperlihatkan seekor gajah kecil bernama Khun-Seuk di Thailand mendengkur saat tertidur pulas. Serupa dengan kucing, gajah rupanya akan mendengkur apabila merasa ada di dalam kondisi dan situasi nyaman, seperti saat tidur.

Gorila

Dengkuran pada gorila terjadi karena adanya relaksasi otot tenggorokan saat tidur. Animal Queries menyebut, proses mendengkur pada gorila sama persis seperti apa yang pada manusia. Sementara itu, dengkuran lebih sering dilakukan oleh gorila yang sudah tua dan menandakan pula adanya proses penuaan secara alami. Peneliti biasanya meneliti dengkuran gorila untuk mengetahui dan memahami pola tidur primata.

Tikus

Tikus merupakan hewan pengerat kecil yang mendengkur saat tertidur. Ia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur mengeluarkan suara dengkuran. Pada beberapa kasus, tikus yang mendengkur ketika tidur mengalami gangguan pada saluran pernapasannya. Namun, banyak pula tikus yang mendengkur meskipun dalam keadaan sehat.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)