Rahim Buatan, Teknologi Masa Depan Penyelamat Bayi Terlahir Prematur

Senin, 02 Oktober 2023 - 22:53 WIB
loading...
A A A


Agar pengobatan dapat memasuki uji klinis, rahim buatan harus terbukti dapat memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan serta mengurangi kematian dan masalah kesehatan pada bayi prematur, dibandingkan dengan pengobatan standar.

Pekan lalu, panel FDA mengatakan bahwa sebelum melakukan pengujian pada manusia, para ilmuwan harus menemukan model hewan yang paling tepat untuk diuji dalam rahim buatan. Mereka menyarankan uji coba pada manusia bersifat inklusif dan melibatkan pengujian lanjutan untuk memeriksa konsekuensi jangka panjang—termasuk komplikasi yang mungkin timbul dari pengembangan perangkat yang terbuat dari bahan seperti plastik.

Para orangtua, kata panelis, harus diberi tahu tentang risikonya. Penggunaan rahim buatan mungkin memicu infeksi, kerusakan otak atau gagal jantung, serta risiko operasi caesar yang diperlukan untuk mengeluarkan bayi dari rahim ibunya.

FDA tidak harus mengikuti rekomendasi panel , namun topik yang dibahas kemungkinan besar akan memandu lembaga tersebut dalam mempertimbangkan rahim buatan . "Teknologi ini disebut sebagai langkah awal yang luar biasa untuk meningkatkan kelangsungan hidup dan meningkatkan hasil morbiditas dan mortalitas pada bayi baru lahir prematur,” kata ahli neonatologi Shaliz Pourkaviani kepada Evelyn Huang dari ABC News.

Namun, Kemp mengatakan kepada Nature News bahwa data tersebut tidak ada dalam posisi etis untuk membenarkan dimulainya uji coba pada manusia, kecuali seseorang melihat sekumpulan data yang tidak dipublikasikan. Stephanie Kukora, ahli neonatologi di Children’s Mercy Kansas City, mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa memilih antara berpartisipasi dalam uji coba dan perawatan standar saat ini akan menjadi keputusan yang sangat sulit.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)