Ilmuwan Temukan Obat Pengganti Kondom dan Vasektomi, tanpa Efek Samping

Sabtu, 24 Februari 2024 - 17:05 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Obat Pengganti Kondom dan Vasektomi, tanpa Efek Samping
Para ilmuwan menemukan alternatif untuk kondom dan vasektomi. (Foto: JPost)
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan menemukan alternatif untuk kondom dan vasektomi sebagai pengendali kehamilan tanpa memengaruhi libido seks.

Problem kehamilan yang tidak diinginkan menelan biaya miliaran dolar setiap tahunnya di Amerika Serikat.Ironisnya, survei menunjukkan bahwa sebagian besar pria Amerika tertarik untuk menggunakan kontrasepsi pria, namun mereka hampir tidak memiliki pilihan.

Para ilmuwan pun mengembangkan obat-obatan yang menghambat produksi, pematangan, atau pembuahan sperma, namun belum memberikan perlindungan yang tidak lengkap atau efek samping yang parah. Pendekatan baru untuk kontrasepsi pria diperlukan, tetapi karena perkembangan sperma sangat kompleks, para peneliti telah berjuang untuk mengidentifikasi bagian dari proses tersebut yang dapat diubah dengan aman dan efektif.

Jerusalem Post, Sabtu (24/2/2024) melansir, para ilmuwan di Institut Salk di California telah menemukan metode baru untuk mengganggu produksi sperma yang tidak bersifat hormonal dan dapat dibalikkan. Studi ini baru saja dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences dan intinya mereka telah menemukan kompleks protein baru dalam mengatur ekspresi gen selama produksi sperma.



Para peneliti menunjukkan bahwa pengobatan pada tikus jantan dengan kelas obat yang sudah ada yang disebut inhibitor HDAC (histone deacetylase) dapat mengganggu fungsi kompleks protein ini dan menghambat kesuburan tanpa memengaruhi libido.

"Kebanyakan obat kontrasepsi pria eksperimental menggunakan pendekatan yang keras untuk menghentikan produksi sperma, tetapi pendekatan kami jauh lebih halus," kata Prof. Ronald Evans, Direktur Laboratorium Ekspresi Gen, dan kepala biologi molekuler dan perkembangan di Salk.

Tubuh pria menghasilkan beberapa juta sperma baru setiap hari. Untuk melakukannya, sel punca sperma di testis terus membuat lebih banyak dari diri mereka sendiri sampai sinyal memberi tahu mereka sudah waktunya untuk berubah menjadi sperma. Proses yang disebut spermatogenesis menguji sinyal dalam bentuk asam retinoat, produk dari vitamin A. Pulsa asam retinoat terikat dengan reseptor asam retinoat dalam sel, dan ketika sistem ini berada pada posisi yang tepat, ini memulai program genetik yang kompleks yang mengubah sel punca menjadi sperma yang matang.

Ilmuwan Salk menemukan bahwa untuk melakukan hal ini, reseptor asam retinoat harus berikatan dengan protein yang disebut SMRT (Silencing Mediator of Retinoid and Thyroid hormone receptors) yang kemudian mengikat HDAC; kompleks protein ini kemudian melanjutkan untuk menyelaraskan ekspresi gen yang menghasilkan sperma.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2562 seconds (0.1#10.140)