4 Jenis Siklon Tropis, Badai Petir yang Kerap Melanda Indonesia

Rabu, 04 Oktober 2023 - 17:28 WIB
loading...
4 Jenis Siklon Tropis, Badai Petir yang Kerap Melanda Indonesia
Siklon tropis memiliki banyak jenis dengan dampak dan tekanan yang berbeda-beda. Foto/Zoom Earth
A A A
JAKARTA - Siklon tropis adalah fenomena alam di mana sistem awan dan badai petir yang berputar dan terorganisir berasal dari perairan tropis atau subtropis. Fenomena ini memiliki sirkulasi tingkat rendah yang tertutup.

Siklon tropis akan berputar berlawanan arah jarum jam di belahan bumi utara. Sedangkan di belahan bumi bagian selatan, badai ini akan berputar searah jarum jam.

Siklon tropis memiliki banyak jenis dengan dampak dan tekanan yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis siklon tropis yang kerap melanda wilayah Indonesia.

Jenis Siklon Tropis


1. Depresi Tropis


Depresi tropis adalah awal dari terjadinya siklon tropis. Ini adalah sistem tekanan rendah dengan angin maksimum kurang dari 33 knot (38 mph atau 63 km/jam).



Dengan kekuatannya, depresi tropis termasuk ke dalam jenis siklon tropis yang paling lemah.

Depresi tropis pertama pada suatu musim diidentifikasi sebagai Depresi Tropis Satu atau TD 1. Ini akan diikuti oleh Depresi Tropis Dua, Depresi Tropis Tiga, dan seterusnya. Kemudian penetapan berurutan akan berlanjut hingga musim berakhir.

Depresi tropis dapat terbentuk di wilayah yang sama dengan terjadinya badai tropis dan angin topan dan seringkali merupakan tahap awal dari siklon yang signifikan.

2. Badai Tropis


Badai tropis adalah siklon tropis dengan kecepatan angin minimal 34 hingga 63 knot atau setara dengan 39 hingga 73 km/jam).

Badai tropis memiliki mata badai yang tenang di pusatnya dan biasanya diikuti oleh hujan deras, badai petir, dan angin kencang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1626 seconds (0.1#10.140)