4 Jenis Siklon Tropis, Badai Petir yang Kerap Melanda Indonesia

Rabu, 04 Oktober 2023 - 17:28 WIB
loading...
A A A
Badai ini menggambarkan fase transisi antara depresi tropis yang memiliki struktur yang belum terorganisir dengan baik dan siklon tropis yang lebih kuat.



Tak jarang juga disebut sebagai badai atau topan di berbagai wilayah di seluruh dunia. Badai tropis dapat terbentuk di cekungan laut mana saja di seluruh dunia tempat terdapat siklon tropis.

3. Hurricane


Hurricane memiliki kecepatan angin yang dapat melebihi 64 knot atau setara dengan 118 km/jam.

Istilah "Hurricane" diberlakukan ketika siklon ini terbentuk di Samudera Atlantik. Namun, jika siklon ini terbentuk di Pasifik Utara, istilah yang digunakan adalah topan atau taifun.

Sementara itu, jika siklon terbentuk di Samudera Hindia, istilah yang sesuai adalah siklon atau cyclone.

4. Major Hurricane


Siklon tropis yang memiliki intensitas tinggi disebut juga sebagai Major Hurricane. Penggunaan istilah Major Hurricane diterapkan ketika kecepatan angin mencapai atau melebihi 96 knot (180 km/jam).

Major Hurricane sejatinya dapat menyebabkan kerusakan akibat angin yang sangat dahsyat dan banyak korban jiwa hanya karena kekuatan anginnya.

Demikian informasi mengenai empat jenis siklon tropis yang sering melanda Indonesia, semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)