Mengenal Iron Dome, Sistem Pertahanan Canggih Israel yang Gagal Cegat Serangan Roket Hamas

Senin, 09 Oktober 2023 - 12:11 WIB
loading...
Mengenal Iron Dome, Sistem Pertahanan Canggih Israel yang Gagal Cegat Serangan Roket Hamas
Iron Dome adalah sistem pertahanan udara yang sangat penting bagi Israel. Sistem ini telah membantu melindungi Israel dari ribuan roket dan mortir yang ditembakkan kelompok militan Palestina. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Iron Dome milik Israel diklaim sebagai sistem pertahanan militer tercanggih di dunia. Berusia lebih dari 10 tahun, Iron Dome jadi benteng Israel terhadap serangan Hamas. Namun, sistem pertahanan rudal canggih itu akhirnya berhasil ditembus oleh Hamas.

Pejuang Hamas berhasil menemukan kelemahan dari Iron Dome . Caranya, mereka membakan 5.000 roket hanya dalam kurun waktu 20 menit ke berbagai kota di Israel dalam Operasi Badai al-Aqsa pada 7 Oktober 2023.

Sistem pertahan rudal canggih Israel Ribuan roket itu tidak dirancang untuk bisa menahan ribuan roket sekaligus. Alhasil, roket-roket itu menghantam banyak gedung dan instalasi militer Israel.

Sesaat setelah serangan ribuan roket, ratusan milisi Hamas memasuki kota-kota Israel selatan melalui Jalur Gaza. Mereka mengumbar tembakan dan menculik ratusan orang. Dampaknya, korban tewas di Israel akibat Operasi Badai al-Aqsa Hamas sudah mencapai lebih dari 700 orang.

Mengenal Iron Dome
Mengenal Iron Dome, Sistem Pertahanan Canggih Israel yang Gagal Cegat Serangan Roket Hamas

Sistem Iron Dome dirancang oleh perusahaan pertahanan Amerika dan kontraktor pertahanan Israel Rafael Advanced Defense Systems. Sistem tersebut memiliki tiga baterai yang beroperasi di Israel, dengan tambahan satu baterai dipersiapkan untuk ditempatkan di Laut Mediterania. Tiap baterai terdiri dari radar, sistem pemandu, dan 20 rudal interceptor.

Rudal interceptor memiliki jangkauan hingga 70 kilometer.

Iron Dome akan mendeteksi dengan mencegat serangan jarak pendek, mulai roket, artileri, hingga mortir dalam segala kondisi cuaca lewat rudal pencegat.
Iron Dome punya 3 bagian. Ada radar canggih yang akan mendeteksi ancaman yang hingga jarak 4 kilometer-70 kilometer.

Kemudian, unit bergerak yang bisa menampung 20 roket Tamir untuk mencegah serangan yang masuk dengan jangkauan hingga 155 kilometer.

Kegagalan Iron Dome
Mengenal Iron Dome, Sistem Pertahanan Canggih Israel yang Gagal Cegat Serangan Roket Hamas

Iron Dome adalah sistem pertahanan udara yang sangat efektif dalam mencegah serangan roket dan mortir. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Iron Dome gagal mencegah serangan Hamas.

1. Jumlah roket yang ditembakkan

Iron Dome memiliki tingkat keberhasilan hingga 90% dalam mencegat roket dan mortir. Namun, jumlah roket yang ditembakkan Hamas dalam serangan-serangan terakhirnya sangat banyak, sehingga Iron Dome tidak dapat mencegat semuanya. Diklaim Hamas menembakkan 5.000 roket dalam waktu 20 menit.

2. Jenis roket yang digunakan

Hamas menggunakan berbagai jenis roket, termasuk roket Qassam yang sederhana dan roket Grad yang lebih canggih. Iron Dome lebih efektif dalam mencegat roket Qassam, tetapi roket Grad lebih sulit dicegat.

3. Kondisi cuaca

Kondisi cuaca juga dapat memengaruhi kemampuan Iron Dome. Cuaca buruk, seperti hujan lebat atau kabut tebal, dapat membuat radar Iron Dome sulit mendeteksi roket.

4. Keberhasilan Hamas dalam menghindari sistem pertahanan udara Israel

Hamas telah berhasil mengembangkan berbagai taktik untuk menghindari sistem pertahanan udara Israel. Misalnya, Hamas menggunakan roket yang diluncurkan dari kendaraan bergerak, sehingga sulit dilacak oleh radar.

Berikut adalah beberapa contoh kegagalan Iron Dome dalam mencegah serangan Hamas:

1. Pada Mei 2021, Hamas menembakkan lebih dari 4.000 roket ke Israel dalam waktu dua minggu. Iron Dome berhasil mencegat sekitar 90% roket tersebut, tetapi 10% roket berhasil mencapai targetnya dan menyebabkan kerusakan dan korban jiwa.

2. Pada Juli 2023, Hamas menembakkan lebih dari 1.000 roket ke Israel dalam waktu satu hari. Iron Dome berhasil mencegat sekitar 80% roket tersebut, tetapi 20% roket berhasil mencapai targetnya dan menyebabkan kerusakan dan korban jiwa.

Meskipun Iron Dome tidak dapat mencegah semua serangan Hamas, sistem ini tetap merupakan aset yang sangat berharga bagi Israel. Iron Dome telah membantu melindungi Israel dari ribuan roket dan mortir yang ditembakkan oleh kelompok-kelompok militan Palestina.


10 fakta Iron Dome milik Israel:

1. Iron Dome adalah sistem pertahanan udara jarak pendek yang dirancang untuk melindungi wilayah Israel dari serangan roket dan mortir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)