Terungkap, Ini Rahasia Umur Panjang hingga 100 Tahun Menurut Sains

Rabu, 11 Oktober 2023 - 12:00 WIB
“Tingkat glukosa, kreatinin, asam urat, dan enzim hati yang lebih rendah menandakan kemungkinan lebih tinggi untuk hidup melewati usia 100 tahun,” kata tim peneliti.

Para responden dengan kadar asam urat terendah memiliki peluang empat persen untuk mencapai usia 100 tahun, sedangkan hanya 1,5 persen dari mereka dengan tingkat tertinggi yang mencapainya.

Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara albumin dan kemungkinan berumur seratus tahun. Hal ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan tingkat albumin yang lebih tinggi terkait dengan peluang bertahan hidup yang lebih besar di usia tua.

Para peneliti mengakui temuan ini tidak mempertimbangkan faktor-faktor gaya hidup atau genetik yang bertanggung jawab atas nilai biomarker tersebut.

"Meskipun kemungkinan keberuntungan memainkan peran untuk mencapai usia 100, perbedaan dalam nilai biomarker lebih dari satu dekade sebelum kematian, menunjukkan bahwa faktor genetik dan/atau gaya hidup, tercermin dalam tingkat biomarker ini, juga dapat memainkan peran untuk umur panjang yang luar biasa," tulis para peneliti.

"Namun, masuk akal untuk berpikir bahwa faktor seperti nutrisi dan konsumsi alkohol juga memainkan peran. Menjaga kesehatan ginjal dan hati, serta glukosa dan asam urat saat semakin tua, adalah sesuatu yang baik."

Secara global, jumlah orang yang mencapai usia seratus tahun hampir dua kali lipat setiap dekade sejak tahun 1950 dan diperkirakan akan meningkat lima kali lipat antara tahun 2022 dan 2050.

Namun, meskipun ada ketidakpastian tentang bagaimana mencapai tonggak ini, data dari Kantor Statistik Nasional Inggris juga mengungkapkan bulan lalu bahwa jumlah orang yang mencapai usia seratus tahun di Inggris dan Wales mencapai rekor. Pada 2021, hampir 14.000 orang mencapai usia 100 tahun di Inggris dan Wales, naik lebih dari seperempat dalam satu dekade.

Pada bulan April, sebuah penelitian oleh ilmuwan Amerika menemukan kunci utama untuk hidup melewati usia 100 tahun adalah pengalaman melawan infeksi yang cukup. Para peneliti mengatakan, profil kekebalan dari orang-orang yang mencapai usia seratus tahun menunjukkan sejarah panjang terpapar infeksi dan kemampuan pulih darinya.