Terungkap, Ini Rahasia Umur Panjang hingga 100 Tahun Menurut Sains

Rabu, 11 Oktober 2023 - 12:00 WIB
loading...
Terungkap, Ini Rahasia Umur Panjang hingga 100 Tahun Menurut Sains
Jepang mencatat angka tertinggi terkait jumlah warga yang berusia 100 tahun. (Foto: Sputnik)
A A A
JAKARTA - Setiap makhluk hidup pasti akan mati sesuai dengan hukum alam dan kuasa Tuhan. Hanya soal waktu saja yang membedakan, ada yang meninggal di usia belia, namun ada pula yang berumur panjang hingga 100 tahun lebih.

Soal umur panjang, manusia sejak zaman dulu kala selalu penasaran dengan rahasianya. Legenda air kehidupan menjadi salah satu buktinya.

Namun, di era modern para ilmuwan akhirnya menemukan rahasia umur panjang manusia hingga usia 100 tahun. Rahasianya ternyata ada dalam aliran darah. Temuan ini terungkap setelah para ilmuwan mempelajari sampel darah dari 44.000 orang berusia di atas 60 tahun, termasuk ratusan yang telah mencapai usia 100 tahun.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (11/10/2023), dari hasil penelitian ditemukan bahwa orang yang berusia seratus tahun memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan orang lain sejak usia 60 tahun ke atas.
Analisis juga menunjukkan bahwa mereka memiliki fungsi ginjal dan hati yang lebih sehat. Namun, mereka yang hidup paling lama juga memiliki kadar kolesterol total yang lebih tinggi.


Dari sini, tim peneliti di Swedia menyimpulkan bahwa faktor gaya hidup seperti pola makan dan konsumsi alkohol dapat menjadi penyebab perbedaan ini. Dalam risetnya, para peneliti membandingkan 12 biomarker di antara responden yang mencapai usia 100 tahun dengan mereka yang tidak. Semua biomarker tersebut sebelumnya telah dikaitkan dengan mortalitas dalam penelitian sebelumnya.

Biomarker tersebut termasuk kolesterol total dan gula darah, penanda metabolisme; asam urat, penanda peradangan; kreatinin, pengukur fungsi ginjal; zat besi, yang terkait dengan anemia; dan albumin, protein yang dapat mengindikasikan penyakit hati atau ginjal.

Dalam artikel yang diterbitkan di jurnal GeroScience, para peneliti mengklaim bahwa ini adalah studi terbesar yang membandingkan tingkat molekul yang berbeda dalam darah.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat zat besi dan kadar kolesterol total yang lebih tinggi terkait dengan peluang lebih besar untuk mencapai usia seratus tahun. Pedoman National Health Service di Inggris menyatakan bahwa kadar kolesterol total yang sehat seharusnya adalah 5 milimol per liter (mmol/L) atau kurang.



Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya dua persen orang yang memiliki kadar kolesterol total 5,2 mmol/L atau di bawahnya yang mencapai usia 100, dibandingkan dengan tiga persen dari mereka yang memiliki pembacaan 7,2 mmol/L atau lebih tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)