6 Fakta Fitoplankton, Nomor 3 Penyumbang Oksigen Terbesar di Dunia

Rabu, 11 Oktober 2023 - 14:12 WIB

3. Penyumbang Oksigen Terbesar di Dunia

Meskipun tanaman darat juga berperan penting dalam memproduksi oksigen melalui proses fotosintesis, fitoplankton di lautan dan perairan juga berkontribusi besar dalam menghasilkan oksigen atmosferik.

Bahkan sebagian besar oksigen di Bumi, sekitar 50-85%, dihasilkan oleh fitoplankton di laut. Hal ini mengingat banyaknya spesies ini di samudra yang melakukan proses fotosintesis setiap harinya.

4. Fondasi Jaringan Makanan Akuatik

Fitoplankton adalah fondasi jaring makanan akuatik, atau produsen utama yang memberi makan segala sesuatu di lautan, mulai dari zooplankton mikroskopis hingga paus.

Ikan kecil dan invertebrata juga memakan organisme mirip tumbuhan itu, hingga pada akhirnya mereka akan dimakan oleh organisme yang lebih besar. Karena itu, keberadaannya dalam rantai makanan yang menunjang keberlangsungan ekosistem sangatlah penting.

5. Fitoplankton Bisa Beracun

Fitoplankton juga bisa menjadi beracun dan membawa penyakit bagi makhluk laut yang memakannya. Biasanya spesies tanaman beracun ini menghasilkan biotoksin yang kuat, menjadikannya bertanggung jawab atas apa yang disebut “gelombang merah”, atau pertumbuhan alga yang berbahaya.

Mekarnya racun ini dapat membunuh kehidupan laut dan orang-orang yang memakan makanan laut terkontaminasi. Hal tersebut dapat membuat fitoplankton sebagai tanaman penyebab kematian massal.

6. Jumlah Spesies Fitoplankton

Jumlah spesies fitoplankton sangat besar dan sulit untuk dihitung secara pasti karena keragaman kehidupan mikroorganisme di perairan yang luas.

Diatom adalah salah satu kelompok fitoplankton yang paling banyak dikenal. Diperkirakan ada lebih dari 100.000 spesies diatom yang berbeda di seluruh dunia. Dinoflagellata juga memiliki ribuan spesies yang berbeda.
(okt)