Mengenal 8 Spesies Beruang, Ternyata Ada Panda

Kamis, 02 November 2023 - 08:05 WIB
loading...
A A A
Beruang hitam Asia hidup di perbukitan dan pegunungan ketinggian 3.600 meter pada musim panas dan menghabiskan musim dingin di ketinggian 1.500 meter. Beruang jenis ini memiliki berat sekitar 100 - 200 kilogram dengan tinggi 130 - 190 sentimeter. Beruang ini termasuk hewan omnivora yang memakan serangga, buah, kacang-kacangan, lebah, madu, mamalia kecil, dan burung.


5. Beruang Andes


Beruang andes lebih dikenal dengan nama beruang berkacamata. Beruang jenis ini memiliki berat sekitar 35 - 82 kilogram dengan tinggi 120 - 200 sentimeter. Beruang andes banyak ditemukan di pegunungan Andes, Amerika Selatan, dan di selatan Khatulistiwa.

Beruang andes memiliki warna bulu kehitaman. Namun, beberapa kali ditemukan variasi warna beruang jenis ini seperti hitam legam, coklat tua, bahkan kemerahan. Beruang andes juga sangat mudah dikenali, yaitu adanya tanda berwarna krem yang khas di wajahnya.

6. Panda


Beruang panda adalah beruang langka yang terancam punah. Panda memiliki berat sekitar 100 - 113 kilogram dengan tinggi 1,5 meter. Panda memiliki makanan kesukaan, yaitu bambu. Panda bisa makan sebanyak 20 kilogram bambu setiap harinya.

Panda memiliki jari ekstra yang digunakan untuk membantu merobek bambu. Panda juga memiliki usus yang dilapisi lendir untuk melindunginya dari serpihan bambu yang dimakannya.

7. Beruang Sloth


Beruang sloth banyak ditemukan di daerah tropis atau subtropis di India dan Sri Lanka. Dinamakan beruang sloth karena beruang ini memiliki pergerakan yang lambat dan memiliki indera penglihatan serta pendengaran yang buruk. Namun, beruang sloth memiliki indera penciuman yang baik.

Beruang sloth memiliki berat sekitar 91 - 113 kilogram dengan tinggi sekitar 1,5 meter. Beruang ini juga memiliki variasi warna bulu seperti abu-abu, merah, atau coklat.

8. Beruang Matahari


Beruang matahari sering disebut sebagai beruang madu yang banyak ditemukan di hutan Asia Tenggara. Beruang jenis ini juga terkenal sebagai beruang terkecil di dunia.

Beruang matahari memiliki berat 27 - 65 kilogram dengan panjang tubuh 1 - 1,2 meter. Beruang matahari memiliki cakar depan yang besar dan panjang, yang dapat merobek dan menggali sarang. Beruang matahari aktif di malam hari karena sifatnya yang pemalu dan suka menyendiri.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)