Saking Besarnya, 5 Benda Ini Terlihat dari Luar Angkasa

Senin, 06 November 2023 - 08:00 WIB
loading...
Saking Besarnya, 5 Benda Ini Terlihat dari Luar Angkasa
Sejumlah bangunan dan pulau di Bumi terlihat dari luar angkasa. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Perlombaan menjelajahi luar angkasa memunculkan banyak temuan baru. Salah satunya adalah penampakan benda-benda di Bumi yang terlihat dari sana.

Banyak alasan mengapa benda-benda tersebut bisa terlihat dari titik nun jauh di sana. Salah satunya karena besarnya bangunan yang ada. Namun, ternyata bukan itu saja penyebabnya, lantaran tembok besar China yang begitu dahsyat nyatanya tak terlihat dari luar angkasa.

Dilansir dari Slash Gear, Senin (6/11/2023), berikut 5 benda di Bumi yang terlihat dari luar angkasa.

1. Rumah Kaca Almería, Spanyol

Saking Besarnya, 5 Benda Ini Terlihat dari Luar Angkasa


Lautan rumah kaca di provinsi Almería di selatan Spanyol bentuknya begitu besar sehingga bisa terlihat dari luar angkasa. Kompleks rumah kaca ini mencakup luas lebih dari 25.000 hektare dan bertanggung jawab atas jutaan ton buah dan sayuran yang ditanam.



Lautan rumah kaca ini memantulkan sinar matahari selama siang hari, yang membantu terlihat dari luar angkasa. Berbeda dengan Tembok Besar Tiongkok, yang menyatu dengan latar belakangnya saat dilihat dari luar angkasa, rumah kaca lebih jelas terlihat. Mereka dikelilingi oleh air di satu sisi dan pegunungan di sisi lain, rumah kaca lebih mudah dibedakan dari atmosfer di atas.

2. Tambang Tembaga Kennecott, Utah

Saking Besarnya, 5 Benda Ini Terlihat dari Luar Angkasa


Tambang Bingham Canyon atau Tambang Tembaga Kennecott adalah salah satu tambang terbuka terbesar di dunia. Tambang ini, terletak di sebelah barat daya Salt Lake City, Utah, memiliki lebar lebih dari 2,5 mil dan tinggi lebih dari 0,75 mil. Tambang ini begitu besar, sehingga bisa terlihat dengan mata telanjang dari luar angkasa.

Ekskavasi buatan manusia terbesar di Bumi ini telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun dan dianggap sebagai salah satu tambang paling produktif di seluruh dunia. Tambang ini beroperasi setiap jam setiap hari, sepanjang tahun, dan telah menghasilkan lebih dari 19 juta ton tembaga murni selama 116 tahun terakhir.

Sekali lagi, sebagian besar alasan mengapa ini bisa terlihat dari luar angkasa adalah karena bagaimana tambang ini telah mengubah tampilan lanskap di sekitarnya. Kawasan di sekitar tambang ini sebagian besar hutan dan pegunungan, sehingga tambang berwarna pasir yang terlihat seperti lubang raksasa terlihat dari jarak yang sangat jauh.

3. Pulau Palm, Dubai


Dubai bukanlah kota yang asing dengan struktur mewah. Pulau-Pulau Palm yang begitu besar di kota ini bahkan bisa terlihat dari luar angkasa. Pulau buatan ini terdiri dari tiga pulau, yaitu Palm Jumeirah, Deira Islands, dan Palm Jebel Ali.

Dibangun pada awal tahun 2000-an, para pekerja menggali pasir dari dasar Teluk Persia dan kemudian menyemprotkannya untuk menciptakan bentuk-bentuk yang bisa menonjol dari air gelap di bawahnya. Nama Pulau-Pulau Palm mengacu pada bentuk pulau-pulau tersebut, yang berbentuk pohon kelapa raksasa. Pulau-pulau ini menjadi rumah bagi hotel-hotel mewah dan pusat perbelanjaan.

Seperti pulau lain, Pulau-Pulau Palm mencuat di tengah lautan, tetapi bentuk pohon kelapa yang unik memungkinkan mereka dapat dibedakan dari luar angkasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2522 seconds (0.1#10.140)