Saking Besarnya, 5 Benda Ini Terlihat dari Luar Angkasa

Senin, 06 November 2023 - 08:00 WIB
loading...
A A A

4. Piramida Agung Giza

Saking Besarnya, 5 Benda Ini Terlihat dari Luar Angkasa


Tiga Piramida Giza dapat terlihat dari luar angkasa. Gambar pertama bangunan ini pertama kali diabadikan oleh NASA pada 2001. Piramida tertua dan terbesar, dibangun untuk Firaun Khufu, dibangun pada tahun 2570 SM dan berdiri hampir 500 kaki tingginya. Yang kedua tertinggi dibuat untuk Firaun Khafre, sementara yang ketiga dan terkecil dibuat untuk Firaun Menkaure.

Piramida-piramida ini menarik karena dapat dengan mudah menyatu dengan tanah berwarna pasir yang mengelilingi. Hal yang membuat piramida terlihat dari luar angkasa adalah karena berada di persimpangan antara perkotaan dan lanskap gurun. Dari luar angkasa, piramida-piramida ini terlihat seperti tiga persegi sebagian tertutup bayangan.

5. Bendungan Tiga Ngarai,China

Saking Besarnya, 5 Benda Ini Terlihat dari Luar Angkasa


Bendungan Tiga Ngarai adalah bendungan hidroelektrik yang dibangun di sepanjang Sungai Yangtze di China . Bendungan ini adalah generator listrik tenaga air terbesar dan struktur buatan manusia yang sangat besar sehingga bisa terlihat dari luar angkasa dengan mata telanjang.

Bendungan ini didirikan untuk mencegah banjir besar di sekitar Sungai Yangtze, sungai terbesar ketiga di dunia. Proyek ini mengakibatkan setengah juta orang mengungsi selama konstruksi pada awal tahun 2000-an.

Sungai Yangtze sangat besar, begitu juga dengan Bendungan Tiga Ngarai, sehingga ketika penuh, bahkan bisa memperlambat rotasi seluruh planet. Hal ini disebabkan oleh prinsip konservasi momentum sudut. Ketika memindahkan bagian dari massa benda berputar ke ketinggian yang berbeda, itu memperlambat benda tersebut. Dengan menyimpan begitu banyak air pada ketinggian yang lebih tinggi (lebih dari 10 triliun galon), rotasi Bumi melambat dengan jumlah yang sangat kecil.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)