Kapal Selam Siluman AS Bergerak ke Timur Tengah, Bawa 24 Hulu Ledak Nuklir

Senin, 06 November 2023 - 18:29 WIB
loading...
Kapal Selam Siluman AS Bergerak ke Timur Tengah, Bawa 24 Hulu Ledak Nuklir
Kapal selam nuklir strategis kelas Ohio milik Amerika Serikat (AS) bergerak ke Timur Tengah pada Minggu 5 Oktober 2023 untuk membantu Israel. Foto/Bulgarian Military
A A A
WASHINGTON - Kapal selam nuklir strategis kelas Ohio milik Amerika Serikat (AS) bergerak ke Timur Tengah pada Minggu 5 Oktober 2023 untuk membantu Israel. Kapal selam kelas Ohio diketahui memiliki kemampuan siluman dan membawa rudal balistik dilengkapi 24 hulu ledak nuklir.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Senin (6/11/2023), kapal selam nuklir kelas Ohio, dikenal sebagai kapal selam klasik, biasanya menampung rudal balistik tiga tahap generasi keempat Trident II D5, yang dilengkapi dengan 24 hulu ledak nuklir. Namun, sejumlah kapal terpilih dalam kategori ini menjalani modernisasi, beralih ke pengangkut 154 rudal jelajah Tomahawk.

Kedua jenis kapal selam tersebut kadang-kadang muncul ke permukaan di Timur Tengah, sebagai demonstrasi nyata kekuatan dan sinyal peringatan bagi Iran. Saat ini, kehadiran militer AS di Timur Tengah mencakup dua kelompok kapal induk Angkatan Laut, Pasukan Ekspedisi Marinir yang menaiki kapal serbu amfibi, dan tambahan terbaru, kapal selam nuklir strategis kelas Ohio.



Militer AS belum menyebutkan secara detail identitas kapal selam kelas Ohio yang dikirim ke Timur Tengah, sehingga tidak diketahui pasti muatan rangkaian rudal yang dibawa. Sebuah teori terbuka menunjukkan kemungkinan kapal selam tersebut merupakan bagian dari United States Strike Group (USSG) dan Komando Pusat AS (CENTCOM) menegaskan kapal selam yang dikirim merupakan kelas Ohio.

Washington menegaskan sikap tidak campur tangan dalam konflik yang sedang berlangsung di Timur Tengah. AS mengklaim kekuatan yang dikumpulkan semata-mata bertujuan untuk menghalangi keterlibatan pihak ketiga dalam konflik Palestina dan Israel.

Spesifikasi Kapal Selam Kelas Ohio

Kapal Selam Siluman AS Bergerak ke Timur Tengah, Bawa 24 Hulu Ledak Nuklir

Kapal selam kelas Ohio merupakan kelas kapal selam bertenaga nuklir yang digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal selam ini adalah armada kapal selam rudal balistik (SSBN) yang dirancang membawa dan meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM).

Kapal selam kelas Ohio dianggap sebagai salah satu kapal selam paling kuat dan berteknologi maju di dunia. Kapal selam kelas Ohio pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 1980an dan masih beroperasi sampai sekarang.



Mereka dibangun untuk menggantikan armada kapal selam Polaris dan Poseidon yang sudah tua. Nama kapal selam tersebut diambil dari nama negara bagian Ohio, yang terkenal atas kontribusinya terhadap Angkatan Laut AS.
Kapal Selam Siluman AS Bergerak ke Timur Tengah, Bawa 24 Hulu Ledak Nuklir
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)