Pertama Kali, Pesawat Luar Angkasa Aditya-L1 India Deteksi Jilatan Api Matahari

Kamis, 09 November 2023 - 11:01 WIB
loading...
Pertama Kali, Pesawat Luar Angkasa Aditya-L1 India Deteksi Jilatan Api Matahari
Pesawat luar angkasa India untuk misi studi matahari Aditya-L1 yang baru diluncurkan telah menangkap sekilas jilatan api matahari dalam sinar-X berenergi tinggi. Foto/ISRO
A A A
NEW DELHI - Pesawat luar angkasa India untuk misi studi matahari Aditya-L1 yang baru diluncurkan telah menangkap sekilas jilatan api matahari dalam sinar-X berenergi tinggi. Pesawat luar angkasa Aditya-L1 melakukan observasi pada 29 Oktober, kurang dari dua bulan setelah lepas landas.

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) pada 7 November 2023 mengumumkan bahwa instrumen High Energy L1 Orbiting X-ray Spectrometer (HEL1OS) milik Aditya-L1 mendeteksi fase impulsif jilatan api matahari . Ini merupakan fenomena ledakan energi dahsyat yang dilepaskan oleh ledakan matahari atau suar matahari.

“Suar matahari itu terjadi pada 29 Oktober 2023, kurang dari dua bulan setelah Aditya-L1 lepas landas di atas Kendaraan Peluncur Satelit Polar dari Satish Dhawan Space Centre,” tulis ISRO dikutip SINDOnews dari laman Space, Kamis (9/11/2023).



Aditya-L1, berada di Sun-Earth Lagrange Point-1 (L1), yang terletak sekitar 1,5 juta kilometer dari Bumi searah dengan matahari. Tempat ini memiliki gravitasi yang stabil, sehingga Aditya-L1 dapat tetap berada di tempat yang sama tanpa menggunakan banyak bahan bakar, dan merupakan tempat yang baik untuk mengamati matahari.

Wahana ini membawa tujuh instrumen ilmiah, yang memungkinkannya mempelajari segala sesuatu mulai dari medan magnet antarplanet hingga korona matahari, atau atmosfer luar. Salah satu instrumen tersebut adalah HEL1OS, instrumen yang berkonsentrasi pada emisi sinar-X dari jilatan api matahari.

Dengan melakukan hal ini, para ilmuwan berharap dapat memahami bagaimana emisi energi tinggi dari jilatan api matahari terkait dengan elektron dan partikel lain yang dilepaskan selama peristiwa tersebut. Para ilmuwan menugaskan HEL1OS dan meluncurkannya secara online pada 27 Oktober, memulai tahap pengujian instrumen.

Dua hari kemudian, antara jam 8 pagi dan 6 sore. EDT (1200 dan 2200 GMT), HEL1OS mencatat ledakan aktivitas sinar-X, yang merupakan indikator jilatan api matahari. Menguatkan pengamatan HEL1OS, Satelit Lingkungan Operasional Geostasioner-18 (GOES-18) milik Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS juga mengamati lonjakan sinar-X pada saat yang bersamaan.



Meskipun demikian, HEL1OS belum beroperasi penuh. Para ilmuwan terus menyempurnakan dan mengkalibrasi instrumen tersebut.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5028 seconds (0.1#10.140)