Bangkit dari Kematian, Bintang Setan Tasmania Bersinar Terang

Jum'at, 17 November 2023 - 08:32 WIB
Bangkit dari Kematian, Bintang Setan Tasmania Bersinar Terang
Bintang berjuluk setan Tasmania yang sempat dikira mati mendadak hidup kembali. (Foto: Gizmodo)
JAKARTA - Bintang berjuluk setan Tasmania yang sempat dikira mati mendadak hidup kembali dan memancarkan sinar terang di luar angkasa. Fenomena unik objek yang berada sekitar satu miliar tahun cahaya dari Bumi itu mengejutkan para ilmuwan.

Dikutip dari Gizmodo, Jumat (17/11/2023), para astronom meyakini Setan Tasmania telah bangkit dari kematian. Bintang yang memiliki nama lain AT2022tsd itu bercahaya terang karena adanya aktivitas pelepasan gas secara berulang-ulang.

"Kami tidak berpikir ada yang lain yang dapat membuat pelepasan gas seperti ini," kata Anna Ho, astronom di Universitas Cornell.

Terungkapnya penyebab cahaya terang ini telah mengakhiri perdebatan tentang apa yang menggerakkan jenis ledakan ini selama bertahun-tahun serta mengungkap metode yang tidak biasa untuk mempelajari aktivitas mayat bintang.

Setan Tasmania adalah objek transien optik di luar galaksi atau dalam istilah sederhana, objek yang bersinar secara sementara di langit dan berada jauh di luar batas galaksi manusia. Bintang ini hanya bersinar selama beberapa bulan, selama beberapa menit setiap kali. Lebih singkat dibandingkan dengan supernova, jenis objek transien luar galaksi yang paling umum, yang dapat bersinar selama berminggu-minggu.

Setan Tasmania mirip dengan objek berjuluk Sapi, transien optik biru cepat yang muncul di langit pada tahun 2018. Sapi alias AT2018cow saat itu dikira hidup kembali disebabkan oleh lubang hitam atau bintang neutron , berdasarkan frekuensi emisi sinar-X-nya.