Dianggap Mistis, Fenomena Halo Terjadi di Langit Inggris

Selasa, 28 November 2023 - 17:27 WIB
loading...
Dianggap Mistis, Fenomena Halo Terjadi di Langit Inggris
Fenomena Halo Terjadi di Langit Inggris. FOTO/ Daily
A A A
LONDON - Fenomena langka terjadi di langit dan membuat warga Inggris bingung saat melihat cincin terang di sekitar Bulan.



Seperti dilansir dari Daily Express, kejadian aneh itu terjadi Sabtu lalu. Fenomena yang disebut juga Halo ini disebabkan oleh pembiasan cahaya Bulan oleh kristal es yang terbentuk di atmosfer pada musim dingin.

Fenomena tersebut dapat dilihat di berbagai tempat di Inggris termasuk Surrey, Kent dan Derbyshire. Orang-orang turun ke media sosial untuk berbagi gambar halo tersebut.

Seorang warga Inggris, Greg McPhillips, 60, mengatakan: “Fenomena ini cukup mistis. Ini membuat saya bertanya-tanya bagaimana reaksi orang-orang yang hidup ratusan tahun lalu ketika melihat hal ini terjadi.”

Warga lainnya, Helen Challand, 42, dari Buxton, Derbyshire mengatakan: "Saya keluar pada malam hari untuk melihat aurora (cahaya terang) dan melihat Bulan memiliki lingkaran cahaya yang indah di sekelilingnya dan (planet) Jupiter berada di sebelahnya."

Fenomena halo adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya yang mengelilingi matahari atau bulan. Fenomena ini terjadi karena cahaya matahari atau bulan dibiaskan oleh kristal es atau uap air di atmosfer.

Penyebab terjadinya fenomena halo adalah adanya kristal es atau uap air di atmosfer yang berbentuk batang atau prisma. Kristal es atau uap air ini dapat berada di awan sirrus, awan cirrostratus, atau awan altostratus.

Cahaya matahari atau bulan yang melewati kristal es atau uap air akan dibiaskan ke arah lain. Pembiasan ini akan menghasilkan lingkaran cahaya yang berwarna putih atau berwarna-warni.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)