Ikan yang Identik dengan Gempa dan Tsunami Terdampar di Pantai

Kamis, 30 November 2023 - 21:33 WIB
loading...
Ikan yang Identik dengan Gempa dan Tsunami Terdampar di Pantai
Ikan oarfish terdampar di Pantai. FOTO/ THE SUN
A A A
SANTO DOMINGO - Seekor ikan oarfish ditemukan terdampar di pantai Los Coquitos, Republik Dominika Senin lalu sebelum mati tak lama kemudian.



Seperti dilansir dari The Sun, Kamis (30/11/2023), hal tersebut sontak menimbulkan kekhawatiran warga karena ada kepercayaan akan terjadi gempa setelah kemunculan ikan raksasa tersebut.

Spesies ini dilaporkan hidup di dekat Zona Septentrional-Oriente yang memicu gempa bumi dan tsunami Cap-Haitien di Haiti pada tahun 1842 yang menewaskan sekitar 5.300 orang.

Ikan paddlefish merupakan salah satu ikan terpanjang di lautan dengan ukuran panjangnya bisa mencapai 17 meter dan berat lebih dari 200 kilogram.

“Itu adalah ikan laut dalam, sangat tidak biasa menemukannya di permukaan,'' kata Wakil Menteri Sumber Daya Pesisir dan Laut Republik Dominika, Jose Ramon Reyes

Namun, ia tidak menimbulkan ancaman apa pun, ia hanya hidup di wilayah terdalam.

Ikan oarfish adalah ikan bertulang terpanjang di dunia, dengan panjang yang dapat mencapai 17 meter. Ikan ini memiliki tubuh yang ramping dan memanjang, dengan sirip dada yang panjang dan mirip dayung. Ikan oarfish berwarna keperakan dan tidak bersisik.

Ikan oarfish hidup di kedalaman laut hingga 1.000 meter. Mereka adalah ikan pelagis, yang berarti mereka hidup di perairan terbuka. Ikan oarfish adalah predator, dan mereka memakan ikan kecil, cumi-cumi, dan hewan laut lainnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2659 seconds (0.1#10.140)