Mirip Kotoran Manusia, Ilmuwan Temukan Khasiat Luar Biasa dari Hewan Ini

Jum'at, 08 Desember 2023 - 16:26 WIB
Mirip Kotoran Manusia, Ilmuwan Temukan Khasiat Luar Biasa dari Hewan Ini
Teripang terbukti mengandung zat yang mampu melawan kanker. (Foto: Daily Mail)
JAKARTA - Para ilmuwan membuat temuan luar biasa dari makhluk laut yang terlihat seperti tinja manusia, yaitu timun laut atau teripang. Hewan bergerigi tersebut terbukti mengandung zat yang mampu melawan kanker.

Kesimpulan ini didapat para ilmuwan di Universitas Filipina setelah melakukan riset terhadap teripang. Disebutkan dalam uji laboratorium, senyawa dalam tubuh teripang dapat membunuh sel kanker hati manusia.

Senyawa-senyawa ini juga dapat memicu pertumbuhan neurit, proyeksi kecil dari neuron yang membantu pemulihan orang dari cedera otak dan sumsum tulang belakang yang traumatik.

Sebelum senyawa-senyawa ini dapat diubah menjadi obat, ilmuwan perlu mengekstrak dan mengujinya pada serangkaian subjek. Dikutip dari Daily Mail, Jumat (8/12/2023), dalam studi terbaru, peneliti di Universitas Filipina, Diliman, menggiling sampel dinding tubuh dan viscera (sistem pencernaan) teripang dan menganalisanya.

Teripang tidak memiliki anggota tubuh, tidak memiliki kepala atau wajah, dan bahkan sulit untuk membedakan mulut dengan duburnya hanya dengan sekilas. Teripang juga dapat mengeluarkan ususnya kapan saja sebagai mekanisme pertahanan diri terhadap predator. Ilmuwan bahkan telah menemukan teripang dapat menyedot air ke dalam anusnya untuk mengapung di lautan.

Para peneliti menemukan berbagai molekul dengan potensi untuk penelitian biomedis. Yang perlu dicatat adalah serangkaian molekul lemak yang disebut cerebroside, yang ada di dinding tubuh maupun viscera teripang. “Dan yang mereka identifikasi 'bisa juga sangat baik' menjadi bahan dasar sphingolipid, jenis lipid lainnya,” tulis para peneliti.

Sphingolipid dari spesies teripang lain telah terbukti memiliki beberapa manfaat anti-kanker . Zat ini dapat membunuh sel kanker hati manusia dan dapat membuat neuron tumbuh proyeksi baru dalam pengujian laboratorium.

Teripang telah lama dikonsumsi di Asia Timur dan Asia Tenggara, untuk makanan dan obat. Komponen dinding tubuh teripang juga dianggap sebagai bahan yang berharga, untuk perawatan kulit manusia. Terdiri dari kolagen yang disebut catch, serat dinding tubuh teripang dapat mengencangkan atau melonggar kulit sesuai keinginan.