Ilmuwan Temukan Resep Rahasia Umur Panjang pada Kerang

Senin, 11 Desember 2023 - 07:12 WIB
Ilmuwan Temukan Resep Rahasia Umur Panjang pada Kerang
enelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa beberapa senyawa yang ditemukan pada kerang, seperti asam lemak omega-3 dan antioksidan. FOTO/ DAILY
SIDNEY - Kerang adalah hewan laut yang hidup di berbagai habitat, mulai dari perairan laut dangkal hingga laut dalam. Beberapa jenis kerang, seperti kerang hijau dan tiram, dapat hidup hingga ratusan tahun.

BACA JUGA - Penelitian Terbaru Ungkap Hewan Laut Tertua

Sekelompok peneliti temukan salah satu rahasia umur panjang kerang adalah kemampuan mereka untuk memperbaiki kerusakan DNA.

DNA adalah materi genetik yang mengandung informasi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel.

“Saya selalu terpesona melihat beberapa spesies kerang berumur sangat panjang,” kata rekan penulis pertama Mariangela Iannello, seorang peneliti di Departemen Ilmu Biologi, Geologi, dan Lingkungan Universitas Bologna, seperti dilansir dari IFL Science, Senin (11/12/2023).

Kerang memiliki mekanisme perbaikan DNA yang sangat efisien, yang dapat membantu mereka untuk melindungi diri dari kerusakan akibat radikal bebas dan faktor lingkungan lainnya.

Kerang juga memiliki sistem kekebalan yang kuat, yang dapat membantu mereka untuk melawan infeksi dan penyakit.

Sistem kekebalan yang kuat ini juga dapat membantu mereka untuk bertahan hidup dari stres lingkungan.

Selain itu, kerang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Hal ini memungkinkan mereka untuk bertahan hidup di berbagai kondisi lingkungan, termasuk kondisi yang tidak menguntungkan.

Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa beberapa senyawa yang ditemukan pada kerang, seperti asam lemak omega-3 dan antioksidan, dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Asam lemak omega-3 dapat membantu untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker. Antioksidan dapat membantu untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Oleh karena itu, kerang dapat menjadi sumber makanan yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk meningkatkan umur panjang.