Istimewa, Bulan Purnama Bersinar Terang di Malam Natal

Senin, 25 Desember 2023 - 18:58 WIB
loading...
Istimewa, Bulan Purnama Bersinar Terang di Malam Natal
Bulan purnama yang terjadi di pengujung bulan Desember dikenal dengan nama Cold Moon dan Long Night Moon. (Foto: Forbes)
A A A
JAKARTA - Fenomena alam berupa bulan purnama terjadi pada malam natal, Senin (25/12/2023). Bulan purnama kali ini terbilang istimewa karena menjadi bulan purnama ke-13 serta posisinya lebih tinggi dibandingkan fenomena serupa sebelumnya.

Dilansir dari Live Science, bulan purnama akan bersinar terang pada 25-27 Desember 2023 salah satunya karena posisinya lebih tinggi.

"Posisi bulan purnama malam ini akan berseberangan dengan posisi matahari. Jadi ketika matahari ada di posisi paling rendah, maka bulan akan ada di posisi tertinggi," tulis Live Science.



Yang lebih istimewa lagi, bulan purnama di malam Natal ini akan jadi bulan purnama ke-13 di sepanjang tahun. Fenomena nanti malam menjadi penutup dari rangkaian spesial bulan purnama yang terjadi di sepanjang 20-23.

Diketahui bulan purnama yang terjadi di pengujung bulan Desember dikenal dengan nama Cold Moon dan Long Night Moon. Nama Cold Moon diberikan oleh masyarakat Indian Mohawk karena bulan purnama itu terjadi di musim dingin.



Sementara Global News mengatakan bulan purnama di pengujung Desember cukup jarang terjadi. Mereka memprediksi pengalaman yang sama baru akan terlihat lagi satu dekade ke depan. "Bulan purnama di Desember baru akan terjadi lagi di 2034 nanti," tulis Global News.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)