Asal-usul Kehidupan di Bumi Terpecahkan, Ilmuwan Temukan Kesamaan dengan Al-Quran

Rabu, 17 Januari 2024 - 10:19 WIB
loading...
Asal-usul Kehidupan di Bumi Terpecahkan, Ilmuwan Temukan Kesamaan dengan Al-Quran
Asal-usul Kehidupan di Bumi Terpecahkan. FOTO/ UNILAD
A A A
LONDON - Sekelompok ilmuwan mungkin akhirnya memecahkan misteri bagaimana kehidupan dimulai di Bumi yang punya banyak kesamaan dengan ditulis dalam Al-Quran. Hal ini disebabkan oleh kemajuan teknologi dan penelitian yang telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir.



Al Quran memberi jawaban yang tegas, yakni bahwa kehidupan bermula saat alam semesta tercipta.

" Apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi, keduanya, dahulu menyatu, kemudian Kami memisahkan keduanya dan Kami menjadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air? Maka, tidakkah mereka beriman? (QS Al-Anbiya': 30)

Seperti dilansir dari Unilad, Rabu (17/1/2024), salah satu kemajuan penting adalah penemuan bahwa asam amino, komponen penyusun protein, dapat terbentuk secara alami dari zat anorganik.

Hal ini menunjukkan bahwa kehidupan dapat muncul dari bahan-bahan yang ada di Bumi tanpa perlu bantuan dari luar angkasa.

Selain itu, para ilmuwan juga telah menemukan bahwa kondisi di Bumi purba sangat mendukung munculnya kehidupan. Atmosfer Bumi purba kaya akan metana, hidrogen, dan amonia, yang merupakan bahan-bahan yang dapat membentuk asam amino dan molekul organik lainnya.

Berdasarkan bukti-bukti tersebut, para ilmuwan percaya bahwa kehidupan di Bumi mungkin dimulai di lautan purba.

Pada saat itu, lautan kaya akan bahan-bahan organik yang dapat bereaksi satu sama lain untuk membentuk molekul yang lebih kompleks, termasuk molekul yang dapat bereproduksi.

Salah satu teori yang saat ini paling banyak diyakini adalah teori dunia RNA. Teori ini menyatakan bahwa kehidupan pertama kali muncul dalam bentuk RNA, yang merupakan molekul yang dapat membawa informasi genetik dan berfungsi sebagai katalisator.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2594 seconds (0.1#10.140)