Salah Satu Negara Terbesar di Dunia Diprediksi Terbelah Dua, Ini Buktinya

Minggu, 04 Februari 2024 - 17:26 WIB
loading...
A A A
Hal ini kemudian menunjukkan bahwa Lempeng Hindia berada ‘underplating’ atau ‘subduksi’ di bawah ‘mantle wedge’.

Studi ini menyimpulkan: SRF kami secara objektif memetakan kedalaman untuk membedakan batas litosfer-astenosfer India dan Tibet di wilayah penting di tenggara Tibet.

Batas yang disimpulkan antara dua litosfer dikuatkan oleh pemetaan yang lebih subyektif terhadap perubahan parameter SWS, dan oleh interpretasi independen dari jahitan mantel dari pola degassing mantel dan batas utara gempa sub-Moho.

Batas selatan litosfer Tibet dan astenosfer di bawahnya berada pada 31°LU barat 90°BT tetapi bergerak ke selatan >300 km hingga ~28°LU timur 92°BT kemungkinan besar menunjukkan robekan lempengan.”

Pada dasarnya, ini berarti Lempeng Hindia akan terkelupas menjadi dua, bukannya terpecah menjadi dua.

Studi tersebut menunjukkan bahwa bagian atas akan muncul dan menyebabkan Tibet naik lebih tinggi dan bagian bawah akan tenggelam lebih jauh ke dalam mantel.

Douwe van Hinsbergen, Ahli Geodinamika di Universitas Utrecht, mengatakan kepada Science: “Kami tidak tahu bahwa benua dapat berperilaku seperti ini, dan bagi ilmu bumi, hal ini cukup mendasar.”

Saat ini, tidak ada prediksi ilmiah yang akurat tentang negara mana yang akan terbelah dua karena gempa bumi. Gempa bumi adalah peristiwa yang kompleks dan sulit diprediksi. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan gempa bumi, seperti pergerakan lempeng tektonik, aktivitas gunung berapi, dan patahan geologi, tidak dapat diprediksi dengan pasti.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)