Perbandingan Jet Tempur F-5 Houthi vs MiG-21 Rusia, Mana Lebih Unggul?

Senin, 05 Februari 2024 - 15:20 WIB
loading...
Perbandingan Jet Tempur F-5 Houthi vs MiG-21 Rusia, Mana Lebih Unggul?
Perbandingan Jet Tempur F-5 Houthi vs MiG-21. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Perbandingan jet tempur F-5 Houthi dengan MiG-21 Rusia menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Secara historis, keduanya bisa dibilang sebagai jet tempur veteran yang populer dan banyak diproduksi.



Baik jet tempur F-5 maupun MiG-21, keduanya telah dikembangkan sekitar 1950-an. Masing-masing di antaranya memiliki catatan riwayatnya sendiri, termasuk penggunaan dalam konflik-konflik skala besar yang pernah terjadi dalam sejarah.

Pada era modern seperti sekarang, penggunaan F-5 dan MiG-21 juga masih dijumpai. Sebagai contoh, terbaru jet tempur kuno F-5 ini telah dipakai kelompok militan Houthi yang berbasis di Yaman.

Lebih jauh, seperti apakah perbandingan antara jet tempur F-5 dengan MiG-21 ini? Simak ulasannya berikut

Perbandingan Jet Tempur F-5 Houthi MiG-21


1. Jet Tempur F-5

F-5 merupakan jet tempur ringan supersonik yang didesain oleh Northrop Corporation asal Amerika Serikat. Pengembangannya telah dimulai sejak 1950-an.

Setelah serangkaian pengembangan dan uji coba, F-5 diperkenalkan pada 1964. Waktu itu, jet tempur ini beroperasi bersama Skuadron Pelatihan Kru Tempur USAF.

Varian awal F-5 dibekali dua mesin General Electric J85. Pemilihannya didasarkan pada kinerjanya yang bagus serta didukung biaya perawatan rendah.

Pada perancangannya, F-5 awalnya hanya ditujukan untuk misi tertentu seperti superioritas udara. Seiring waktu, jet tempur ini juga biasa dioperasikan sebagai pendukung serangan darat.

Beralih ke performa, jet tempur ini bisa menjangkau ketinggian 50.000 kaki serta kecepatan lebih dari Mach 1. Sedangkan di persenjataan, F-5 membawakan berbagai senjata yang nantinya disesuaikan dengan misi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)