Perbandingan Jet Tempur F-5 Houthi vs MiG-21 Rusia, Mana Lebih Unggul?

Senin, 05 Februari 2024 - 15:20 WIB
loading...
A A A
Tak hanya meriam utama 20 mm, F-5 dapat membawakan sejumlah senjata lain. Di antaranya seperti rudal anti radar Shrike, bom berpemandu Walleye, dan lainnya.

Selain Amerika Serikat, jet tempur F-5 juga banyak diekspor ke negara lain. Salah satu alasan utama yang menjadikannya sangat diminati adalah pengadaan dan pengoperasiannya yang relatif murah.

Terbaru, salah satu unit dari F-5 muncul ketika digunakan kelompok Houthi beberapa waktu lalu. Menurut sejumlah laporan, keberadaannya mungkin merupakan hasil sitaan dari pemerintahan Yaman.

2. Jet Tempur MiG-21

MiG-21 adalah salah satu jet tempur supersonik yang paling banyak diproduksi sepanjang sejarah. Dikenal karena gesit, MiG-21 memungkinkan seorang pilot berpengalaman untuk mengalahkan jet tempur musuh yang kemampuannya lebih canggih.

Mengutip Military Today, pengembangan MiG-21 dimulai pada 1950-an oleh biro desain Mikoyan. Ditujukan sebagai pengganti MiG-19, produksi pertamanya berlangsung pada 1959.

Jet tempur ini dibekali mesin turbojet R-25-300. Kemampuan yang dihasilkan bisa mencapai jangkauan 1.225 km dan kecepatan tertinggi 2.330 km/jam.

Beralih ke persenjataan, MiG-21 bisa membawa banyak senjata. Pada sebelah kiri kokpit, dapat disematkan meriam GSh-23.

Kemudian, ada juga pilihan opsional yang bisa dipakai sesuai kebutuhan. Misal, seperti rudal udara berpemandu, bom atau roket terarah, dan lainnya.

Pada era kejayaannya, MiG-21 sangat bermanuver. Jika berada pada pilot yang tepat, kemampuannya bisa menjadi ancaman besar terhadap jet tempur Barat yang lebih modern seperti F-4.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2653 seconds (0.1#10.140)